Uskup Myanmar Cemas Jika Paus Sebut “Rohingya”

akan mengunjungi Myanmar pada akhir November. (Foto: Stephen Driscoll/CNA)

Naypyidaw, MINA – Uskup Katolik Myanmar merasa cemas menjelang kunjungan Paus Francis  bulan November, ia khawatir pemimpin tetinggi umat Katolik itu menyebut “Rohingya” saat datang ke negara tersebut.

Juru Bicara Konferensi Katolik Uskup Myanmar Pastor Mariano Soe Naing mengatakan pada Jumat (27/10), penyebutan nama “Rohingya” di Myanmar bisa memicu protes dari masyarakat Buddha yang membenci minoritas tersebut.

Kunjungan Paus ke Myanmar dijadwalkan pada 27 November. Paus adalah salah satu tokoh dunia yang menyatakan simpatinya kepada umat Islam Rohingya.

Pada Senin (23/10) lalu, Paus berkabung atas penderitaan anak-anak Rohingya yang terjebak di kamp pengungsi Bangladesh yang penuh sesak. Demikian The Daily Star memberitakannya yang dikutip MINA.

Pemimpin Katolik Myanmar menyatakan bahwa simpati kepada orang-orang Rohingya dapat memicu pergolakan lebih lanjut.

“Kecemasan kami adalah jika dia (Paus) menyebutkannya, beberapa masalah mungkin akan meningkat terhadapnya,” kata Pastor Mariano.

Namun, ia menilai bahwa Paus akan cukup bijak untuk tidak menciptakan kesulitan bagi negara tuan rumah dan gereja. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.