Ustadz : Umat Terbaik Adalah yang Terus Menyuarakan Kebenaran

Surabaya, 21 Jumadil Awwal 1438/19 Februari 2017 (MINA) – Ustadz Charis Bangun Samodra yang merupakan mantan pastur Katholik, mengatakan Umat Terbaik Adalah Umat yang Terus Menyuarakan Kebenaran.

“Terkait dengan tema kepemimpinan, Al Qur’an sangat menekankan umat Islam hanya boleh mengangkat pemimpin dari umat Islam sendiri,” kata Charis dalam acara Gerakan Subuh Berjamaah dan Tablig Akbar yang diadakan di Masjid Al Madani, Pakuwon City, Surabaya.

“Hal ini bukan hanya ada di dalam ajaran Islam saja. Agama lain pun mengajarkan hal serupa,” ujar Charis, demikian keterangan pers yang diterima MINA, Ahad.

Charis menyampaikan dalam ajaran umat Kristiani juga ada larangan memilih pemimpin dari orang di luar agama mereka.

Hal senada dikatakan Da’i yang merupakan mantan pastur ini dengan sangat fasih mengutip salah satu ayat dari Kitab Ulangan (Injil) yang menekankan hal tersebut.

“Oleh karenanya kaum muslimin yang menginginkan pemimpin seagama juga harus dihargai,” tegas Charis.

Menurutnya, pemimpin yang baik hanya bisa terlahir dari rakyat yang  baik pula. Sedangkan kualitas masyarakat yang baik hanya bisa diperoleh jika masing-masing individunya memperbaiki diri.

“Dalam Al Qur’an bahwa Allah hanya akan mengubah keadaan suatu kaum. Di masyarakat jika mereka memperbaiki apa yang ada dalam diri mereka sendiri,” jelas Charis.

Wahdah Islamiyah Surabaya menyelenggarakan Gerakan Subuh Berjama’ah dan Tabligh Akbar bertajuk “Pemimpin dan Umat Terbaik untuk NKRI yang Bermartabat dan Berkeadilan”.

Juga tampil sebagai pemateri Ketua Wahdah Islamiyah Muhammad Zaitun Rasmin. (L/R03/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.