Ustaz Afta: Puasa Menyehatkan Jasmani dan Rohani

Jakarta, MINA – Ali Farkhan Tsani, biasa disapa Ustadz , mengatakan ibadah puasa dapat menyehatkan jasmani dan rohani bagi orang yang mengamalkannya dengan benar.

“Orang yang berpuasa, jasmaninya akan tambah sehat, di samping rohaninya yang semakin dekat dengan Allah,” ujarnya pada ceramah menjelang buka bersama di forum presidium, dokter, relawan dan staf Lembaga Kemanusiaan Medical Emergency Resque Committe () Jakarta, Sabtu sore (26/5/2018).

Binatang saja, seperti ulat berpuasa beberapa pekan dalam bentuk kepompong, baru kemudian menjadi kupu-kupu yang indah.

“Manusia bertaqwa seperti kupu-kupu yang indah setelah berpuasa, memberi kebahagiaan bagi orang lain,” ujarnya.

Dengan berpuasa, dapat menjaga lisan dari ujaran kebencian, menahan tangan dari berbuat korupsi dan mengekang kaki dari melangkah tempat maksiat, lanjutnya.

“Puasa juga mampu menumbuhkan jiwa kemanusiaan, seperti gemar menolong, peduli, suka memaafkan, dan senang berprestasi melalui kinerja terbaik,” ujar Redaktur Senior Mi’raj News Agency itu.

Untuk itu, orang yang berpuasa justru akan meningkat amal kebaikannya, sebab ia fokus pada ibadah puasanya, tidak lagi memikirkan perut dan nafsunya.

Beberapa perang pada zaman Nabi terjadi pada bulan Ramadhan, dalam keadaan berpuasa.

“Para sahabat fokus dalam perjuangan di jalan Allah, sehingga mendapatkan kesuksesan dan kemenangan,” lanjutnya. (L/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0