Ustaz AHI: Empat Fungsi Agama Bagi Manusia

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – KH. Abul Hidayat Saerodjie  mengemukakan, ada empat fungsi agama bagi manusia.

Hal tersebut disampaikan pada acara tadrib (pelatihan) ikhwan baru, pada Ahad, (22/9), di Masjid An-Nubuwwah, Kompleks Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan.

Pertama, agama sebagai penguasa. Yaitu sebagai penguasa setengah dari nafsu manusia.

Kedua, sebagai orang yang tunduk. Yaitu tunduk kepada Allah Subhanahu wata ala.

Fungsi ketiga, sebagai pembalasan, yaitu pembalasan bagi orang yang mengajak manusia kepada kebaikan dan mencegah kepada keburukan.

Adapun yang keempat, sebagai peraturan atau syariat, yaitu yang mengatur kehidupan manusia dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Dalam kesempatan itu, Ustadz AHI juga menekankan kepada jama’ah, bahwa Imaamul Muslimin adalah pengganti kepemimpinan dari Nabi terdahulu.

“Khalifah adalah penerus, pengganti Rasul. Makanya namanya adalah Khalifatur Rasulullah yaitu pengganti Rasulullah Salallahu alaihi wasallam,” tegasnya.untuk ikhwan baru

Acara ini bertujuan mendidik ikhwan yang baru saja berbaiat (janji setia) kepada Imaamul Muslimin KH. Yakhsyallah Mansur, MA, di mana antara lain dinyatakan, akan mentaatinya selama Imaamul Muslimin mentaati Allah Subhanahu wata ala.

Acara tersebut merupakan agenda terakhir dari beberapa rangkaian acara pada Tabligh Akbar Muharram 1441 H yang diselenggarakan oleh Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung setiap tahunnya. (L/jhd/B01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).