Utang Nasional AS Lebih dari Rp.472 Ribu Triliun, Terbesar dalam Sejarah

Washigton, MINA – Utang nasional bruto Amerika Serikat melebihi $31 triliun (lebih dari Rp472 Ribu Triliun), pertama kalinya dalam sejarah negara itu.

Utang itu menjadi catatan keuangan suram yang tiba ketika gambaran fiskal jangka panjang negara itu semakin gelap di tengah kenaikan suku bunga. Seperti laporan Fobes India, Kamis (6/10).

Pelanggaran ambang batas ini terungkap dalam laporan Departemen Keuangan AS, datang pada saat yang tidak tepat, karena suku bunga rendah secara historis digantikan dengan biaya pinjaman yang lebih tinggi, di mana Federal Reserve mencoba memerangi inflasi yang cepat.

Sementara rekor tingkat pinjaman pemerintah untuk memerangi pandemi dan pemotongan keuangan, membuat lebih mahal dari waktu ke waktu.

“Begitu banyak kekhawatiran yang kami miliki tentang jalur utang kami yang berkembang ,mulai menunjukkan diri saat kami menumbuhkan utang dan meningkatkan tingkat bunga kami,” kata Michael A. Peterson, CEO Peter G. Peterson Foundation, yang mendorong pengurangan defisit.

Baca Juga:  Hardiknas 2024, Mendikbudristek Minta Semua Pihak Meneruskan Merdeka Belajar Berkelanjutan

“Terlalu banyak orang yang puas dengan jalur utang kami sebagian karena suku bunga sangat rendah,” lanjutnya.

Angka-angka baru datang pada saat ekonomi yang bergejolak, dengan investor berbelok karena kekhawatiran resesi global.

Menurut perkiraan Peterson Foundation, tarif yang lebih tinggi dapat menambah $ 1 triliun untuk pembayaran bunga dekade ini,.

Itu berada di atas rekor biaya utang $8,1 triliun yang diproyeksikan oleh Kantor Anggaran Kongres pada bulan Mei.

Pengeluaran untuk bunga dapat melebihi apa yang dibelanjakan Amerika Serikat untuk pertahanan nasional pada tahun 2029.

The Fed, yang memangkas suku bunga mendekati nol selama pandemi, sejak itu mulai menaikkannya untuk mencoba menjinakkan inflasi paling cepat dalam 40 tahun.

Pemerintah terus-menerus mengeluarkan utang baru, yang secara efektif berarti biaya pinjamannya naik dan turun seiring dengan tingkat suku bunga.

Baca Juga:  Gaza Bantah AS dan Israel tentang Peningkatan Bantuan Kemanusiaan

Ambang batas $31 triliun juga menimbulkan masalah politik bagi Presiden Joe Biden, yang telah berjanji untuk menempatkan AS pada jalur fiskal yang lebih berkelanjutan dan mengurangi defisit anggaran federal sebesar $1 triliun selama satu dekade.

Defisit terjadi ketika pemerintah membelanjakan lebih banyak uang daripada yang diterima melalui penerimaan pajak.

Komite Anggaran Federal memperkirakan, kebijakan Biden telah menambah defisit hampir $5 triliun sejak ia menjabat.

Proyeksi itu mencakup RUU stimulus ekonomi senilai $1,9 triliun yang ditandatangani oleh Biden, berbagai inisiatif pengeluaran baru yang disetujui kongres, dan rencana pengampunan utang pinjaman mahasiswa yang diperkirakan akan membebani pembayar pajak hampir $400 miliar selama 30 tahun.

Pejabat anggaran Gedung Putih memperkirakan pada bulan Agustus, defisit akan lebih dari $ 1 triliun untuk tahun fiskal 2022, hampir $ 400 miliar lebih sedikit dari perkiraan semula.

Biden mengatakan ,angka-angka itu adalah produk dari kebijakannya untuk memicu pertumbuhan ekonomi, seperti Rencana Penyelamatan Amerika.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Sebagian besar pengurangan defisit yang diperjuangkan Biden mencerminkan fakta bahwa ia dan mantan Presiden Donald Trump menandatangani undang-undang yang banyak meminjam untuk mengurangi kerusakan akibat resesi pandemi.

Dalam beberapa pekan terakhir, biaya pinjaman telah naik bahkan lebih tinggi dari yang diharapkan Gedung Putih, menunjukkan para pejabat perlu merevisi ekspektasi defisit.

“Saya tidak tahu ke mana arah suku bunga, tetapi apa pun yang Anda pikirkan setahun yang lalu, Anda pasti harus merevisinya,” kata Jason Furman, seorang ekonom Harvard dan mantan pembantu ekonomi utama Presiden Barack Obama.

“Jalur defisit hampir pasti terlalu tinggi, mengingat kenaikan suku bunga dalam beberapa pekan terakhir,” ujar Furman.

Pengamat memperkirakan Biden akan menandatangani pemotongan defisit lebih lanjut ke dalam undang-undang, dalam bentuk kenaikan pajak pada orang berpenghasilan tinggi dan perusahaan besar.

Brian Riedl, seorang rekan senior di Institut Manhattan, mengatakan, Amerika Serikat tidak bijaksana membuat komitmen utang jangka panjang berdasarkan suku bunga jangka pendek. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.