Viral Video Pasangan Kasta Dalit Dipukuli Polisi India

Video dan foto yang dibagikan di media sosial menunjukkan polisi India menyerang pasangan kasta Dalit bersama anak-anaknya, yang terlihat terisak ketika orang tua mereka jatuh pingsan. (Screengrab via Twitter)

Madhya Pradesh, MINA – Satu pasangan di India mencoba bunuh diri setelah polisi memukuli mereka dan merusak tanaman mereka, menyebabkan kemarahan publik atas kasus kebrutalan terbaru terhadap masyarakat yang terpinggirkan.

Sebuah video daring menjadi yang memperlihatkan enam orang petugas polisi menyeret dan memukuli pasangan itu dengan tongkat untuk mengusir mereka dari tanah milik pemerintah di Negara Bagian Madhya Pradesh.

Video itu telah ditonton lebih dari satu juta kali sejak diunggah pada hari Selasa (14/7), demikian dikutip dari Al Jazeera, Jumat (17/7).

Video dan foto yang dibagikan di media sosial menunjukkan polisi menyerang pasangan bernama Ram Kumar Ahirwar (38) dan Savitri Devi (35) bersama anak-anaknya, yang terlihat terisak ketika orang tua mereka pingsan.

“Ketika panenan kami hancur, kami tidak punya pilihan lain, selain bunuh diri,” kata Devi seperti dikutip oleh situs berita ndtv.com.

S Vishwanath, kepala pemerintahan setempat mengatakan pada konferensi pers Rabu malam (15/7), pasangan itu mengonsumsi pestisida sesaat setelah penggusuran dan dilarikan ke rumah sakit.

Buntut dari kejadian tersebut, S Vishwanath dan kepala polisi dimutasi dari jabatannya.

Pasangan itu kemudian diyakini dalam kondisi stabil di rumah sakit pemerintah di distrik Guna, Madhya Pradesh.

Namun, polisi telah mendaftarkan sebuah kasus menuntut mereka karena berusaha menghalangi pegawai negeri saat pelaksanaan tugasnya.

Kasta Dalit adalah tingkatan masyarakat terendah dalam keyakinan Hindu di India. Orang-orang Dalit seringkali mendapat perlakuan tidak manusiawi dari kelompok kasta yang lebih tinggi. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)