Wagub Ariza Resmikan Peluncuran Bank Wakaf Mikro

Jakarta, MINA – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meresmikan peluncuran Bank Wakaf Mikro Pondok Karya Pembangunan (BWM PKP) di Yayasan Pondok Karya Pembangunan, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (15/3).

Turut hadir dalam acara tersebut, Pimpinan/Pengasuh Yayasan Pondok Karya Pembangunan, Dr. KH. Amidhan, Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Dhani Gunawan Idat, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat serta Pimpinan dan Pengurus Bank Wakaf Mikro Pondok Karya Pembangunan.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik kolaborasi antara OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Pemprov DKI Jakarta, dan Yayasan Pondok Karya Pembangunan dalam menghadirkan BWM PKP,” Kata Ariza.

Ia berharap, kehadiran BWM PKP di saat pandemi mampu mempercepat dan memperluas penyediaan akses keuangan, khususnya bagi masyarakat menengah dan kecil.

“Dengan adanya akses penyediaan keuangan (permodalan atau pembiayaan) bagi masyarakat menengah dan kecil melalui Bank Wakaf Mikro ini, masyarakat bisa terhindar dari riba, ” ujar Ariza.

“Selain itu, membuka peluang kerja baru, menghasilkan wirausahawan baru, dan meningkatkan level wirausaha, yang pada akhirnya mengurangi pengangguran, ” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan PKP Jakarta Islamic School, RS. Museno mengatakan, di sekitar Yayasan PKP, banyak usaha skala mikro, bengkel sampai pedagang.

Namun, usaha mereka belum berkembang karena berbagai hal. Bahkan, ada yang terjerat rentenir sehingga semakin kondisi usaha semakin memburuk.

“Kami bergembira dan bersyukur, menyambut launching kehadiran lembaga keuangan ini. Untuk menyelamatkan usaha-usaha mikro dari berbagai masalah, terutama jeratan rentenir,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada Oktober 2017, Presiden Joko Widodo bersama OJK meresmikan Program Bank Wakaf Mikro.

Bank Wakaf Mikro adalah sebuah Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang berfokus pada pembiayaan untuk masyarakat kecil. Dalam hal ini, OJK bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas). (R/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)