Wapres JK Tinjau Rekonstruksi Pascagempa Lombok

Kunjungan Wapres JK ke Lombok (Setwapres)

Lombok Tengah, MINA – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meninjau lokasi rekonstruksi pasca bencana di Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (6/4).

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Wapres didampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah dan Kepala Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo serta rombongan menuju lokasi.

Seperti dikutip dari Setwapres, setibanya di lokasi, Wapres langsung disambut Komandan Resimen (Danrem) 162/Wirabakti Kolonil Czi, Ahmad Rizal Ramdhani yang juga sebagai Satgas Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa Lombok.

Dalam penjelasanya, Rizal menjelaskan, pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp 5.110.900.000.000, – untuk melakukan perbaikan pasca bencana. Dana sebesar Rp 5.006.775.000 telah tersalurkan untuk pembangunan rumah dan Rp 2.988.775.000 telah tersalurkan secara langsung untuk masyarakat.

Ditambahkan juga, pada saat gempa yang terjadi pada tanggal 17 Maret 2019, ada 1528 rumah rusak, 3 orang korban jiwa, dan 36 orang luka parah.

Menanggapi penjelasan Danrem, Wapres menyampaikan, pemerintah akan selalu siap untuk membantu.

“Tapi kalau terjadi maka pemerintah, baik pusat, daerah, TNI, PU dan sebagainya dan relawan-relawan, itu selalu siap sedia untuk membantu masyarakat,” tambahnya.

Menutup peninjauan, Wapres berpesan agar masyarakat dapat memelihara dengan baik apa yang sudah diperbaiki.

“Ini tentu apa yang diberikan agar dipelihara dengan baik. Disyukuri, dipelihara dengan baik, dan tentu dido’akan kepada semua yang membantu ya, itu semuanya Insya Allah, akan selesai semua pada waktunya,” tambah Wapres. (R/Sj/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)