Wapres Sampaikan Empat Langkah Indonesia Mampu Kuasai Pasar Halal Dunia

Jakarta, MINA – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan empat langkah strategis agar Indonesia mampu menguasai pasar halal dunia khususnya negara-negara OKI.

“Pertama, dengan mengembangkan riset halal dan meningkatkan substitusi impor, ” ujarnya saat membuka acara Indonesia Industrial Moslem Exhibition (II-Motion) 2021 melalui konferensi video di Kediaman Resminya, Jakarta, Kamis (03/6).

“Yang kedua, dengan mambangun kawasan-kawasan halal yang terintegrasi dengan fasilitas logistik halal, ” lanjutnya.

Ketiga, dengan membangun sistem informasi halal termasuk mempercepat proses penyelesaian sertifikat halal.

Keempat, dengan meningkatkan kontribusi kepada produsen-produsen produk halal, baik skala mikro, menengah, dan besar untuk ekspor produk halal ke seluruh dunia (Global Halal Value Chain).

“Melihat berbagai potensi yang kita miliki, ditambah dukungan pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal, saya optimis Indonesia mampu menjadi produsen produk halal terbesar di dunia dalam waktu mendatang,” tegas Wapres.

Pada acara tersebut, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi, Masduki Baidlowi.

Turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Pimpinan dan Anggota Komisi VI DPR RI, segenap Pengurus OASE Kabinet Indonesia Maju, Ketua Umum dan Pengurus Inti Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), para Pejabat Kementerian dan Lembaga terkait, serta para Peserta Pameran dan Pelaku Usaha yang berpartisipasi dalam II-Motion 2021. (R/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)