Wartawan Senior Adhi Wargono Terima Press Card Number One

Adhi Wargono, wartawan senior yang juga salah seorang Perintis berdirinya Kantor Berita MINA, menerima Anugerah Press Card Number One dalam acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dihadiri Presiden Joko Widodo, di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2/2024).(Foto: Doc. MINA)

Jakarta, MINA – Adhi Wargono, wartawan senior yang juga salah seorang Perintis berdirinya Kantor Berita MINA, menerima Anugerah Press Card Number One dalam acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dihadiri Presiden Joko Widodo, Selasa (20/2) di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Adhi Wargono menjadi salah seorang penerima Press Card Number One (PCNO) atau Kartu Pers Nomor Satu, yang merupakan bentuk pengakuan kepada orang-orang pers yang telah menunjukkan kinerja profesional, berdedikasi, pengorbanan, kepada dunia pers, kemerdekaan pers, dalam tahun-tahun pengabdiannya.

Sebelumnya Ismet Rauf yang  sekarang menjabat Pemimpin Redaksi MINA menerima Anugerah Press Card Number One pada Hari Pers Nasional tahun 2012.

Baca Juga:  Ribuan Warga Jakarta Ikut Gerak Jalan Cinta Al Aqsa

Dalam SK nomor 021-SK/PWI-P/HPN/I/2024 tanggal 9 Februari 2024 yang ditandatangani Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Penangung Jawab HPN 2024 Hendry Ch. Bangun bersama Ketua Panitia HPN 2024 Marthen Selamet Susanto juga disebutkan, “Pemberian ini menyimbolkan upaya masyarakat pers untuk memperhatikan orang- orang yang patut menjadi teladan dengan prestasi yang mereka capai, dan dengan harapan agar dapat menjadi aspirasi bagi insan pers khususnya muda, sekaligus meneruskan jejak emas mereka.”

Selain Adhi Wargono (DKI Jakarta), penerima PCNO lainnya di tahun ini adalah Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa (DKI Jakarta), Hasril Chaniago (Sumatera Barat), Muhammad Syahrir (Sumatera Utara), Budiharjo (Bali), Sadagori Henoch Binti (Kalimantan Tengah), Kambali (Riau), Luna Agustin (Riau), Hermanto Ansam (Riau), Sri Mulyadi (Jawa Tengah), Achmad Zaenal Muttaqin (Jawa Tengah), Widiyartono (Jawa Tengah), Budi Nugraha (DKI Jakarta), dan Norman Chaniago (PWI Pusat).

Baca Juga:  Perwakilan Shuffah Al-Jama’ah Tasikmalaya Ikuti Latihan Gabungan Kesehatan Lapangan

Penyerahan kartu ini dimulai sejak Hari Pers Nasional (HPN) 2010 dan sudah diserahkan kepada sekitar 160 wartawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Adhi Wargono yang mengawali karir sebagai wartawan di Mingguan Siaga pada 1969 juga menuturkan kesan dan kebanggaannya menerima PCNO pada HPN 2024.

Ia yang bekerja sebagai wartawan dari satu media ke media lain dan pernah bertugas di Kantor Berita Nasional Antara, terakhir berkarir di Harian Neraca dan menjadi redaktur senior serta Pemimpin Umum Kantor Berita MINA.

Adhi juga merupakan dua anggota Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jaya, yang bertahun-tahun meliput event olahraga dalam dan luar negeri.

Adhi Wargono terpilih menjadi Ketua Umum Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA) untuk periode 2019-2024. Nama Adhi Wargono sebelumnya juga dikenal sebagai inisiator serta deklarator Indonesia Korea IKFA pada 2005 lalu.(L/R1/P1)

Baca Juga:  Fadli Zon Dukung Mahkamah Pidana Internasional Tangkap Netanyahu

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan