Wilayah Timur Kanada Diterjang Banjir Besar

file photo AA

Ontario, , 9 Sya’ban 1428/6 Mei 2017 (MINA) – Sebagian besar wilayah timur Kanada diguyur hujan lebat Jumat (5/5) yang mengakibatkan banjir besar.

Sebuah pernyataan khusus mengenai cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Kanada pada Jumat memperingatkan adanya curah hujan yang signifikan yang masih akan terjadi di sebagian besar wilayah selatan dan timur Provinsi Ontario.

Hujan melanda barat Quebec, mendorong evakuasi di beberapa daerah, dan kondisi basah diperkirakan akan berlanjut ke Provinsi New Brunswick dan Nova Scotia, semalam pada Sabtu, Canadian Broadcasting Corporation (CBC) melaporkan.

Beberapa faktor telah menyebabkan kondisi banjir yang meluas, termasuk ketinggian air di Danau Ontario yang melampaui batas normal, intensitas hujan yang tidak biasa, dan kondisi atmosfer yang dihasilkan oleh sistem badai yang bergerak perlahan dari Teluk Meksiko.

Di Toronto, kota terbesar di Kanada, para pejabat mengatakan mereka mungkin terpaksa menutup Don Valley Parkway – jalur utama masuk dan keluar kota – karena meningkatnya level air di Sungai Don, dilaporkan oleh berita CTV.

Perdana Menteri mengatakan pada Kamis bahwa pemerintah akan membantu daerah-daerah yang terkena dampak parah.

“Pemerintah federal terlibat secara teratur dengan pemerintah provinsi untuk melihat apakah ada yang bisa kami lakukan, dan bantuan apa pun yang dapat kami tawarkan, kami lebih dari bersedia melakukannya,” ujar Trudeau kepada CBC. (R11/P2)

 

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.