Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Workshop Jurnalism MINA, Wartawan Era Digital harus Multifungsi

Widi Kusnadi Editor : Arif R - 20 detik yang lalu

20 detik yang lalu

0 Views

(foto: dok MINA)

Jakarta, MINA – Setyohadi Wiratmoko, Digital Tallent Trainer mengatakan, wartawan di era digital harus multifungsi, bukan hanya bisa menulis tapi harus bisa membuat berita foto dan video.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Workshop Journalism 5.0, yang diselenggarakan oleh Kantor Berita MINA di Jakarta, Kamis (10/10). Acara ini diikuti oleh seluruh wartawan, editor, dan magang.

“Nggak ada ruginya ambil foto dan rekam video,” kata Hadi, nama sapaan dari Setyohadi Wiratmoko kepada peserta workshop.

Hadi menambahkan, di era sekarang ini lebih mudah dan tidak mahal hanya bermodalkan handphone seorang wartawan bisa mengambil foto dan video serta memproduksi berita.

Baca Juga: Memanah Wajah Netanyahu dan Biden dalam Pekan Peduli Al-Aqsa

Namun, ia mengingatkan bahwa setiap wartawan harus membuat perencanaan sebelum melakukan peliputan. Di antaranya, riset lapangan, menulis naskah dan alur cerita (story line), lalu perhatikan pula etika jurnalistik.

Hadi juga menegaskan bahwa wartawan jangan takut dengan konten yang dibuat, karena selalu memiliki efek domino, walaupun kontennya dianggap jelek, namun lebih baik dari pada hanya berencana saja, tanpa ada aksi nyata. [Ft]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Satu Tahun Genosida di Gaza, PBNU Intruksikan Kaum Muslimin Baca Qunut Nazilah

Rekomendasi untuk Anda