Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Workshop Photography: Teknik Fotografi Bagi Jurnalis Tak Tergantikan AI

Nur Hadis - Rabu, 15 Mei 2024 - 10:21 WIB

Rabu, 15 Mei 2024 - 10:21 WIB

3 Views

Bandar Lampung, MINA – Keahlian fotografi tidak akan pernah bisa digantikan oleh teknologi AI, itulah sebabnya menguasai teknik fotografi adalah hal yang sangat penting bagi seorang jurnalis.

Hal ini disampaikan Fotografer Profesional asal Lampung, Erin Kristian Siregar saat menjadi pemateri di acara Workshop Potrait Photography yang digelar UKM Photography Blitz Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Selasa (14/5).

“Walaupun sekarang semua hal sudah bisa digantikan dengan AI (kecerdasan buatan), tapi tidak dengan fotografi. Foto yang diambil langsung ketika sedang mengabadikan sebuah momen tak terduga tidak akan pernah bisa digantikan dengan hal-hal yang sudah disetting,” kata Erin.

Erin memaparkan contoh, ketika seorang jurnalis akan mengambil gambar sebuah momentum kegiatan di ruangan misalnya, tidak mungkin membawa lighting. Jurnalis harus memahami teknik fotografi. “Maka hal yang pertama perlu dikuasai adalah segitiga eksposure dan settingan kameranya,” paparnya.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek Diprediksi Cerah Awal Pekan Ini

Dengan kemampuan fotografi yang baik, menurut Erin, akan menghasilkan gambar yang baik, sehingga hobi fotografi ini akan menghasilkan.

“Sebenarnya workshop ini adalah perantara kami untuk menggali minat dan bakat anak-anak sekolah maupun mahasiswa untuk bisa memaksimalkan hobi mereka dalam hal fotografi, nah berawal dari hobi ini semoga nantinya dapat menjadi sebuah mata pencaharian,” jelasnya.

Workshop Potrait Photography ini merupakan rangkaian Pameran Anggota Muda Angkatan XIX UKM Photography Blitz “SWADARPANA” yang berlangsung selama tiga hari, Senin – Rabu (13-15/5). Tak hanya workshop, ada pameran fotografi, talkshow, serta lomba foto. (L/chy)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Resmi Ditutup, Kaltim Raih Juara Umum MTQ Nasional 2024

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional