WPF ke-7 Hasilkan Enam ‘Pesan Jakarta’

Jakarta, MINA – Penyelenggaraan WPF (World Peace Forum) ke-7 para tokoh intelektual, aktivis, tokoh agama, dan para pembuat kebijakan yang berlangsung pada 14-16 Agustus telah menghasilkan enam ‘Pesan Jakarta’ yakni merupakan komitmen untuk mengimplementasikan (middle path).

Pesan Jakarta tersebut terdiri dari enam komitmen peserta WPF untuk menjunjung tinggi ‘jalan tengah’ sebagai penentu sikap atas permasalahan global.

Pesan tersebut dibacakan oleh Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog Antar Agama dan Peradaban Din Syamsudin, di Jakarta, Kamis (16/8).

Adapun enam komitmen tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, berkerja sama untuk mengutamakan jalan tengah sebagai prinsip yang membimbingkan perwujudan peradaban dunia yang harus diimplementasikan dalam kehidupan politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Kedua, kami berkomitmen untuk mendorong negara-negara mengambil tanggung jawab dalam membentuk peraturan dan mekanisme bagi implementasi jalan tengah di negara masing-masing.

Ketiga, mendorong pemuka-pemuka agama untuk menampilkan keteladanan, mempromosikan dan memimpin implemetasi pelaksanaan jalan tengah dalam kehidupan masyarakat.

Keempat, mendorong akademisi, sarjana untuk melakukan penelitian yang ekstensif. Baik dan benar serta mendidik generasi muda tentang jalan tengah.

Kelima, mendorong masyarakat luas untuk terus mengamalkan prinsip-prinsip jalan tengah dalam kehidupan sehari-hari.

Keenam, mendorong stake holders, pemegang saham dari perdamaian dunia ini, untuk mengambil prakarsa dengan memulai gerakan global dalam pelaksanaan jalan tengah di negara masing-masing. (L/R04/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.