Xi Jinping Kunjungi Vladimir Putin, Sepakati Sejumlah Kontrak Baru

Presiden Cina Xi Jinping (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (Kanan). (Foto: dok. SWJ)

Moskow, MINA – memulai kunjungan tiga hari ke Rusia pada Rabu (5/6) dengan sentuhan “” dan sejumlah kontrak bisnis baru Rusia-Cina.

Xi dan memuji hubungan negara mereka selama pembicaraan di Kremlin, di saat Rusia dan Cina berusaha meningkatkan kerja sama di tengah ketegangan bersama dengan Amerika Serikat.

“Presiden Putin bagi saya adalah sahabat,” kata Xi kepada wartawan dalam pernyataan bersama setelah pertemuan itu.

“Kami memutuskan bahwa kami akan meningkatkan hubungan bilateral kami ke tingkat baru yang lebih tinggi, meningkatkan dukungan dan bantuan timbal balik kami, dan mempromosikan hubungan kami di era baru,” katanya, demikian Al Jazeera melaporkan.

Sementara itu, Putin berterima kasih kepada mitranya dari Tiongkok atas pinjaman dua panda yang ditampung di Kebun Binatang Moskow.

“Ini adalah tanda penghormatan khusus, kepercayaan khusus di Rusia,” katanya. “Ketika kita berbicara tentang panda, senyum selalu muncul di wajah kita.”

Kedua orang itu menandatangani pernyataan bersama tentang pengembangan kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan besar Rusia dan Cina juga menandatangani perjanjian kerja sama.

Alibaba China, operator telepon seluler Rusia Megafon, grup internet Mail.ru dan dana investasi berdaulat Rusia, RDIF, menjalin kesepakatan pada usaha e-commerce bersama. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.