Yusril: Abu Bakar Baasyir Dibebaskan Pekan Depan

, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui usulan untuk membebaskan Ustad dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Teroris Gunung Sindur, Bogor, pekan depan, kata Penasehat Hukum Jokowi-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra.

“Pembebasan Baasyir akan dilakukan pekan depan setelah  membereskan administrasi pidananya di LP. Baasyir sendiri juga minta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di sel penjara. Setelah bebas, Baasyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah anaknya, Abdul Rahim,” kata Yusril dalam unggahan akun Facebooknya, Jumat (18/1).

Yusril sebelumnya Jumat pagi menemui Baasyir di . Sesudah itu ia didaulat  menjadi khotib shalat Jumat di masjid LP tersebut.

“Abu Bakar Baasyir sudah mendekam dalam LP selama sembilan tahun dari pidana 15 tahun yang dijatuhkan kepadanya. Sudah saatnya Baasyir menjalani pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan,” katanya.

Menurut Yusril, Abu Bakar Baasyir yang kini telah berusia 81 tahun dan dalam kondisi kesehatan yang makin menurun membuat Jokowi prihatin. Karena itu, kata Yusril, dalam perbincangannya dengan Jokowi, ia diminta untuk menelaah, berdialog dan bertemu Abu Bakar Baasyir di LP Gunung Sindur.

“Semua pembicaraan (Yusril) dengan Baasyir dilaporkan ke Jokowi. Sehingga beliau yakin bahwa cukup alasan untuk membebaskan Baasyir dari penjara. Jokowi berpendapat bahwa Baasyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan,” tulisnya lebih lanjut.

Ustaz Abu Bakar Baasyir mengucapkan rasa syukur ke hadirat Allah atas pembebasannya ini dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil inisiatif pembebasan dirinya.

“Pak Yusril ini saya kenal sejak lama. Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar” kata Baasyir kepada juru rawat yang memeriksa kakinya yang sakit.

Yusril datang ke LP Gunung Sindur ditemani Dr Yusron Ihza Mahendra dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor.

Pada kesempatan itu, keluarga Ustaz Abu Bakar Baasyir dari Solo tampak hadir. Pengacara Abu Bakar Baasyir, Achmad Michdan turut bersyukur atas bebasnya Baasyir. (L/R06/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.