12 Karateka Muda Ikuti Kejuaraan Internasional di Belgia

Jakarta, MINA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengirim 12 pelajar alumni Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2019 cabang olahraga karate untuk mengikuti kejuaraan 4th edition of International Karate Open of Province de Liege Tahun 2019, di Herstal, Belgia, pada 6-13 November 2019.

Ke 12 karateka muda dimaksud terdiri dari enam pelajar Sekolah Dasar (SD), dan enam pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

Keberangkatan para peserta tersebut dilepas oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (4/11).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmaanirrohiim secara resmi saya lepas tim pelajar Indonesia untuk berangkat ke Belgia. Semoga kalian kembali ke Indonesia dengan membawa nama baik Indonesia, membawa medali sebanyak-banyaknya untuk Indonesia,” kata Didik.

Ia berharap para peserta dapat meraih kesuksesan seperti yang dicapai oleh pelajar SMP yang menjadi peringkat pertama pada The Coupe Internationale De Kayl 2019 yang diselenggarakan di Luxembourg pada 15-21 Oktober 2019 lalu.

Kepada kedua belas pelajar tersebut, Didik juga berharap dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dan yakin bahwa peserta dari Indonesia tidak akan kalah dari negara lainnya.

“Tentu ini suatu kehormatan, jangan disia-siakan, membela dan mengharumkan nama bangsa. Untuk itu saya yakin anak-anak sudah disiapkan secara teknis oleh tim dan secara mental juga sudah siap semangatnya. Semoga dengan doa kita semua kalian nanti akan betul-betul meraih juara di tingkat internasional,” pesan Didik Suhardi.

“Sekali lagi semangat harus tetap dipelihara, jangan lihat lawan kalian orangnya tinggi-tinggi, tapi yang paling tahu dan paling ahli adalah kalian. Selain itu, yang lebih penting adalah kalian harus punya mental juara,” tambah Didik Suhardi.

Pada Pembinaan Peserta 4th edition of International Karate Open of Province de Liege Tahun 2019, seluruh peserta diberikan materi yang meliputi persiapan fisik, persiapan teknik, persiapan mental, dan uji tanding. (L/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)