20 Siswa SMK Terpilih untuk Magang di Pabrik Casio di Thailand

Jakarta, MINA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () bekerjasama dengan Casio Computer Co., Ltd., akan mengirimkan 20 siswa terpilih dari 10 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai wilayah Indonesia untuk mengikuti praktik kerja lapangan (PKL/) ke pabrik Casio di distrik Amphoe Chokcai, Naskhon Ratchasima, Thailand.

Siswa yang dikirim akan mempelajari proses perakitan dan teknologi dari produk-produk Casio (seperti kalkulator dan jam tangan), dan  juga akan mendapat pelatihan manajemen secara umum. Program ini akan dilaksanakan selama 3 bulan, dimulai pada Oktober 2018 mendatang.

“Kita 20 siswa terpilih untuk uji coba. Keberangkatannya bulan Oktober 2018 ini. Magang di sana dan kalau hasilnya bagus maka ke depannya kita akan mengirim lagi siswa dengan jumlah yang lebih banyak,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (27/09).

Program ini bentuk atas kesepakatan kerjasama antara Kemendikbud dengan Casio Computer Co., Ltd., yang ditandatangani oleh Mendikbud RI, Muhadjir Effendy dengan Wakil Presiden Eksekutif Casio Computer Co., Ltd., Hiroshi Nakamura. Kerja sama ini untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang sains, teknologi, kerekayasaan, dan matematika (STEM).

“Atas nama Kemendikbud saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya. Mudah-mudahan langkah ini adalah langkah yang baik untuk meningkatkan dan mengembangkan pendidikan di Indonesia, khususnya di  bidang matematika,” tambahnya.

Selain siswa, Casio juga memberikan kesempatan kepada para guru Indonesia untuk belajar di sana.

“Kita juga akan mengirimkan guru untuk belajar di sana, jangan sampai muridnya menguasai tapi gurunya tidak. Sehingga target kitamengirim  2.000 siswa dapat terpenuhi,” ujarnya.

Wakil Presiden Eksekutif Casio Computer Co., Ltd., Hiroshi Nakamura enggan untuk menyebutkan berapa jumlah anggaran yang dikeluarkan.

“Kerja sama ini lima tahun, namun kami melihat sambutan yang sangat luar biasa maka kami tidak membatasi untuk berapa lama kerja sama ini akan berlangsung,” ujarnya.

Selama melakukan magang di pabrik Casio, siswa tersebut akan tinggal di hotel dekat lokasi pabrik  dan untuk kebutuhan hidup akan ditanggung oleh Casio.

Casio telah berkomitmen menyelenggarakan pelatihan matematika bagi para pendidik Indonesia yang telah dilakukan secara rutin sejak tahun 2017 yang lalu. Untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam bidang matematika, sejak tahun 2016 lalu, Casio telah menyelenggarakan kompetensi matematika yang diikuti sejumlah sekolah di Indonesia. (L/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.