Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arif Ramdan: Menulis Itu Mudah

Widi Kusnadi - Kamis, 20 Juni 2024 - 13:56 WIB

Kamis, 20 Juni 2024 - 13:56 WIB

5 Views

Para peserta pelatihan Jurnalsitik MINA dan STAI Al-Fatah pada hari kedua, Kamis 20 Juni 2024. (Foto: MINA)

Bogor, MINA – Pemimpin Redaksi kantor berita MINA, Arif Ramdan menyatakan, menulis itu mudah, cukup dimulai dengan memberikan fakta dengan rumus 5 W dan 1 H.

“Baik menulis berita atau artikel, jika sudah mendapatkan data 5w dan 1 H di atas, maka tinggal dirangkum dengan kalimat yang bagus, jadilah berita atau artikel,” katanya dalam pelatihan jurnalistik di STAI Al-Fatah, Bogor, Kamis (20/6).

Prinsip menulis berita atau artikel adalah menginformasikan kepada orang lain tentang suatu peristiwa yang dianggap penting, berdasarkan pengamatan terhadap peristiwa yang terjadi. Selanjutnya pembaca diharapkan mendapat hikmah dari peristiwa itu, minimalnya mendapat info faktual.

Tujuan diadakannya pelatihan jurnalistik ini yaitu untuk mengasah kemampuan peserta dalam bidang penulisan berita dan artikel, serta menyiapkan generasi wartawan yang memiliki kompetensi yang bagus dalam bidang jurnalistik.

Baca Juga: Puluhan Hektare Hutan Mangrove di Jateng Hilang Akibat Proyek Jalan Tol

Dalam penulisan berita, prinsipnya adalah piramida terbalik, yaitu yang paling penting ditempatkan di awal, selanjutnya informasi-informasi pendukung yang perlu diketahui pembaca.

Sementara untuk penulisan artikel, wartawan lebih bebas mengembangkan imajinasinya, dengan gaya penulisan yang variatif, tetapi tetap mengacu kepada fakta.

Peserta pelatihan tersebut diikuti belasan mahasiswa, juga ada dua ibu rumah tangga yang tertarik bergabung dalam acara itu. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Bertemu Dubes Sudan, Kantor Berita MINA Jajaki Kerjasama Media

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia