3 Juta Dosis Vaksin Moderna Bantuan AS Tiba di Indonesia

Tangerang, MINA – Sebanyak 3.000.060 dosis vaksin Moderna bantuan Serikat (AS) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Ahad (11/7).

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno mengatakan, dukungan tersebut merupakan kerja sama internasional dari Pemerintah AS melalui jalur multilateral Covax Facilities.

“Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari
pemerintah AS,” ujar Menlu saat menyambut kedatangan bantuan vaksin tersebut secara virtual.

Ia menjelaskan, vaksin Moderna yang berbasis mRNA tersebut telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) izin pakai di masa darurat dari BPOM pada 2 Juli 2021.

“Sesuai komunikasi kami dengan beberapa kolega kami di AS, termasuk Menteri Luar Negeri dan National Security Advisor AS, Amerika Serikat berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis,” ujarnya.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah: Jangan Bosan Dukung Kemerdekaan Palestina

Menurut catatan Kemlu RI, dengan ketibaan vaksin Moderna, Indonesia telah mengamankan sebanyak 122.735.260 dosis vaksin, baik berubah vaksin curah maupun jadi.

Hingga kini Indonesia juga telah menerima tawaran dukungan dari beberapa negara, antara lain Jepang, akan mengirimkan tahap kedua, kemudian Belanda, Inggris, Australia, dan Uni Emirat Arab. (L/RE1/P1)

Mi’ran News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.