Bertemu Menlu AS, Menlu RI: Indonesia Akan Tingkatkan Bantuan untuk Afghanistan

Foto: Kemlu RI

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyampaikan rencana Indonesia meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan saat bertemu dengan Menlu Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Selasa (14/12).

“Indonesia juga aktif dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan menjadi salah satu negara inisiator pelaksanaan pertemuan para Menlu OKI yang akan membahas bantuan kemanusiaan yang sebentar lagi akan dilakukan di Islamabad,” kata Retno dalam konferensi pers bersama sesuai pertemuan.

Selain itu, lanjut Retno, Indonesia menyampaikan isu pemberdayaan perempuan masih akan menjadi salah satu prioritas kerja sama Indonesia dengan Afghanistan.

Dalam pertemuan itu, kedua Menlu juga mengenai isu Myanmar. Retno mengatakan, Indonesia menghargai dukungan AS terhadap implementasi 5 Points of Consensus ASEAN.

“Indonesia akan terus berkontribusi untuk mengembalikan demokrasi di Myanmar melalui dialog inklusif sesuai dengan 5PCs,” tegas Menlu RI.

Di sisi yang lain, Indonesia juga akan melanjutkan perhatian terhadap bantuan kemanusiaan kepada rakyat Myanmar. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)