34 WNI BERADA DI NEPAL, 17 ORANG SUDAH DIKETAHUI SELAMAT

GEMPA-NEPAL
Warga Kathmandu bekerja menggali puing reruntuhan bangunan di Durbar Square, Sabtu, 25 April 2015. (Foto: AFP)
Warga Kathmandu bekerja menggali puing reruntuhan bangunan di Durbar Square, Sabtu, 25 April 2015. (Foto: AFP)

Jakarta, 8 Rajab 1436/27 April 2015 (MINA)– Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri RI, mengatakan, kementerian  mengidentifikasi terdapat sekitar 34 WNI berada di saat terjadinya gempa 7,8 skala Richter  pada Sabtu (25/4) richter yang menewaskan hampir 2.000 orang.

“WNI  tersebut terdiri dari mereka yang memang menetap di negara itu sebanyak 18 orang dan dan mereka yang sedang melakukan kunjungan ke negara tersebut  sebanyak 16 orang, termasuk diantaranya sejumlah WNI yang sedang melakukan pendakian Gunung Everest,” kata  Lalu Muhammad Iqbal kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melalui pesan singkatnya, Ahad (26/4).

Ia mengatakan, sejauh ini 17 WNI diketahui dalam kondisi selamat. Sementara sisanya masih terus dilakukan upaya pencarian. Terkait dengan hal ini, Konsul Kehormatan Indonesia di Kathmandu terus memonitor dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Nepal.

“Kita tidak memiliki KBRI di Nepal sehingga upaya penanganan ditangani oleh KBRI di Dhaka, Bangladesh,  melalui Konsul Kehormatan Indonesia di Kathmandu”, ujar Lalu Muhamad Iqbal.

Menurutnya, informasi yang ada akan terus berkembang, baik jumlah maupun status, seiring dengan upaya Kemlu mengontak dan laporan status dari keluarga di Indonesia.

Laporan-laporan media mengatakan, gempa berlangsung antara 30 detik hingga dua menit dan dirasakan di seluruh seberang perbatasan di India, termasuk di ibukota New Delhi. (L/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0