Aceh Rayakan 480 Tahun Hubungan Dengan Turki

Banda Aceh, MINA – Masyarakat Aceh merayakan 480 tahun hubungan baik antara Aceh dengan Turki. Perayaan dipusatkan di komplek makam Baba Daud Ar-Rumi salah seorang ulama Aceh yang berasal dari keturunan Turki.

Teuku Farhan, Koordinaator Acara mengatakan, perayaan tersebut diadakan Selasa (20/8) mengingatkan hubungan bilateral antara Aceh dengan Turki yang sudah terbangun sejak Kesultanan Utsmaniyah.

Diharapkan hubungan baik ini akan terus berjalan di masa yang akan datang, terutama di bidang Pendidikan, Ekonomi dan hubungan persaudaraan yang erat

Kegiatan ini juga sebagai momentum memperkuat kembali hubungan Aceh dan Turki yang sudah berjalan cukup lama.

Dengan acara ini hubungan Aceh dan Turki dapat berjalan lebih baik lagi, khususnya di bidang pendidikan, penelitian, semakin banyak orang Turki yang berkunjung ke Aceh dan orang Aceh yang datang ke Turki.

“Ini jadi momentum bagi Aceh dan Turki, tentu ke depan hubungan ini akan lebih baik, kami berharap ada hubungan yang terus terjaga, terutama dibidang pendidikan dan pnelitian,” kata Farhan.

Sementara itu, Elif Kübra Genç wisatawan asal Turki mengaku terkejut dengan perayaan tersebut. Menurutnya, ini perayaan yang luar biasa.

“Kakek kami masih sangat dihargai di Aceh, saya bangga dengan itu,” kata Elif.

Sebagai Bloger, dirinya ingin menyampaikan kegiatan ini ke masyarakat Turki dalam bentuk tulisan. Selama di Aceh dirinya juga terus memposting foto-foto tentang Aceh di Instagram pribadinya.

“Selama di Aceh, saya akan terus menyampaikan ini semua ke masyarakat Turki, soal hubungan baik ini,” kata Elif. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)