Afrika Selatan Serukan Dewan HAM PBB Kutuk Semua Pelanggar HAM

Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Naledi Pandor. (Foto: @DIRCO_ZA/Twitter)

Johannesburg, MINA – Afrika Selatan menyerukan negara-negara anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk menghindari selektif dalam mengutuk pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia.

“Perpecahan yang terjadi saat ini di Dewan Hak Asasi Manusia mengenai pelanggaran global menghambat negara-negara untuk fokus pada korban hak asasi manusia di seluruh wilayah di dunia,” kata Menteri Luar Negeri Afrika Selatan dalam pidatonya pada Senin sore (26/2). Anadolu melaporkan.

Dia mengatakan bahwa ketika beberapa anggota berbicara tentang konflik -, mereka menyebutnya “agresi Rusia,” tetapi ketika mereka menggambarkan perang Israel yang sedang berlangsung di , sejak 7 Oktober lalu, mereka menyebutnya “perang Israel melawan Hamas.”

Baca Juga:  OKI Apresiasi Peran Gambia dalam Membela Rohingya

Pandor mendesak para pemimpin dunia untuk menghindari standar ganda dan menangani hak asasi manusia secara langsung dan tegas tanpa selektif.

“Kita semua mempunyai kewajiban untuk memastikan bahwa Dewan Hak Asasi Manusia selalu sesuai dan relevan dengan tujuan,” katanya.

Afrika Selatan sangat mendukung hak warga untuk menentukan nasib sendiri dan akhir tahun lalu membawa Israel ke Mahkamah Internasional dengan tuduhan melakukan genosida di Gaza. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.