Afrika Selatan Kutuk Standar Ganda Dalam Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Naledi Pandor saat berpidato di Dewan HAM PBB, Senin, (26/2/2024) sore. (Photo: Anadolu Agency)

Johannesburg, MINA – Afrika Selatan meminta negara-negara anggota Dewan Hak Asasi Manusia(HAM) untuk mengutuk pelanggaran HAM di seluruh dunia, tidak memilih-milih lokasi dan pelaku pelanggar HAM.

“Perpecahan yang terjadi saat ini di Dewan Hak Asasi Manusia mengenai pelanggaran global menghambat negara-negara untuk fokus pada korban,” kata dalam pidatonya. Demikian dikutip dari Anadolu Agency, Selasa, (27/2).

Dia mengatakan bahwa ketika beberapa anggota berbicara tentang konflik Rusia-Ukraina, mereka menyebutnya “agresi Rusia,” namun ketika mereka menggambarkan perang yang sedang berlangsung di , sejak 7 Oktober lalu, mereka menyebutnya “perang Israel melawan .”

“Warga yang tidak bersalah tidak pantas dibunuh,” katanya, seraya menambahkan bahwa ini adalah interpretasi yang aneh dari beberapa pembicara di Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

Baca Juga:  TNI AL Resmikan Dua Kapal Perang

Pandor mendesak para pemimpin dunia untuk menghindari standar ganda dan menangani HAM secara langsung dan tegas tanpa pandang bulu. (T/B03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.