Agus Sudarmaji : Rasulullah Membangun Peradaban Modern

Samarinda, MINA – Ustadz mengatakan pada acara Tabligh Akbar Jamaah Muslimin (Hizbullah) wilayah Indonesia Tengah Bagian Utara, di Masjid At Taqwa Pondok pesantren Hizbullah Kota Samarinda, Kaltim, Ahad (9/10), Rasulullah telah membangun .

Ia memberikan contoh, pada abad pertengahan umat Islam sudah terbiasa melakukan prosesi mandi sebagai bagian dalam proses persiapan ibadah. Sementara masyarakat Eropa yang mayoritas umat Kristiani saat itu justru belum terbiasa dengan mandi.

“Bahkan sebagian kalangan justru mentabukannya. Inilah salah satu fakta bahwa Rasulullah sebagai pembawa risalah Islam memberikan pengaruh besar atas peradaban dunia,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat Rasulullah SAW mengemban amanah sebagai Nabi, kondisi moral masyarakat jahiliyah diibaratkan kendaraan yang tidak memiliki rem alias blong. Kemudian Islam hadir menata perilaku dan sistem menjadi lebih baik dan bermartabat.

Baca Juga:  Banjir Longsor Kabupaten Luwu Landa 13 Kecamatan, Tujuh Wafat

Rasulullah SAW sebagai pembawa syariat Islam terbukti mampu menghadirkan peradaban yang tinggi, lanjutnya.

Ustadz Gusdar, iasa disapa, mengutip pendapat seorang ahli sejarah peradaban V Gordon Childen tentang peradaban setidaknya ditandai empat unsur yaitu adanya ketahanan pangan, sistem pemerintahan yang tertib, pengelolaan tenaga kerja dan kepedulian atas pendidikan serta budaya.

Keempat hal tersebut mampu diwujudkan oleh Rasulullah SAW sehingga umat Islam kala itu menjadi pelopor sebuah peradaban yang tinggi.

Hadir dalam kegiatan ini Kabiro Kesra Setda Pemprov Kaltim Drs. Andi Muhammad  Ishak, M.Si.,Apt. yang membacakan sambutan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan H. Hadi Mulyadi,M.Si. yang berhalangan hadir.

Adapun pemateri lainnya adalah Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur, Ustadz Dr .Rais Abdullah Lc.,MA.,Ph.D. dan Ustadz Dr. Abdul Majid, M.Ag.

Baca Juga:  Indonesia Lolos Final Uber Cup 2024

Selain acara penyampaian ceramah, telah diadakan pula acara Sima’an Al-Quran para santri. Para santri yang berprestasi mendapatkan hadiah berupa sepeda dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur. (L/PU/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.