Psikolog Agus Sudarmaji Ajak Orang Tua Peduli Anak Tentang Penggunaan Gawai

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – , , Simple Life” mendorong orang tua untuk lebih mempunyai kepedulian untuk putra-putrinya dalam penggunaan gawai yang berlebihan.

“Sebab perkembangan teknologi dan media digital kian maju, salah satunya berdampak pada -anak kita. Maka orang tua harus memberi perhatian lebih terutama dalam penggunaan gawai mereka” kata ustaz Agus dalam kegiatan ‘Silaturami dan Buka Puasa Bersama Keluarga Maktab’am” di Auditorium Muhyiddin Hamidy, Cileungsi, Bogor, Kamis (15/4).

Menurut ustaz Agus, sebagian orang tua, media digital, baik televisi maupun penggunaan gawai menjadi alat pelarian bagi anak-anak, karena mereka tidak punya cukup waktu untuk menemani anak-anaknya.

“Tetapi perlu diingat, cara seperti ini tak  selamanya baik. Akses media digital tanpa batas, berpotensi memengaruhi psikologis dan perilaku anak dalam kehidupan pribadi dan sosial,” kata ustaz Agus.

Ia juga mengatakan, penggunaan gawai pada anak jika berlebihan akan membawa dampak emosionalnya.

“Dampaknya menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, suka kepada perilaku kekerasan dan tidak mempunyai kretivitas,” imbuhnya.

Acara silaturahim di Maktab aam merupakan acara rutin setiap bulan, diikuti oleh para staf maktab dan keluarganya, termasuk wartawan MINA.(L/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)