AICIS 2016, Lebih Dari 1600 Makalah Terdaftar

Bandar Lampung, 2 Safar 1438/2 November 2016 (MINA) –  () ke-16 tahun 2016 disambut baik kalangan akademisi pengkaji keislaman di Indonesia. Hal ini ditandai dengan masuknya lebih dari 1600 makalah yang didaftarkan. Jumlah ini merupakan yang terbanyak sepanjang penyelenggaraan AICIS yang sudah memasuki tahun ke-16.

“Jumlah makalah yang masuk sebanyak 1.692, ini merupakan jumlah makalah yang terbesar sepanjang penyelenggaraan AICIS,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin saat pembukaan AICIS tahun 2016 di Bandar Lampung, Selasa (01/11).

Ribuan makalah yang masuk, tambahnya dalam keterangan pers yang di kutip MINA, kemudian diseleksi hingga diperoleh 224 makalah, dengan komposisi 120 makalah masuk kategori A dan sisanya kategori B.

“Makalah-makalah yang masuk dalam kategori A sebagian besar akan diterbitkan dalam jurnal internasional yang terindeks di scopus. Sedangkan makalah yang masuk ke dalam kategori B akan dipublikasikan oleh panitia,” ujarnya.

Dirjen Pendis mengapresiasi pengelola jurnal internasional, para rektor yang memiliki perhatian pada jurnal, serta para pihak yang senantiasa menginisiasi program prioritas dalam mewujudkan jurnal yang terakreditasi secara internasional (terindeks di scopus).

Sejumlah narasumber sudah mengkonfirmasi kehadirannya pada forum akademis yang akan berlangsung dari 1-4 November 2016. Mereka berasal dari sejumlah negara, di antaranya: Tunisia, Australia, Mesir, Inggris, Brunei, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Pembicara yang dijadwalkan tampil dalam AICIS 2016 ini, yaitu: Prof. Dr. Monchef Ben Abdel Jelil (University de Saosa Tunisia), Prof. Dr. Sumanto Al-Qurtubi (King Fahd University of Petroleum and Minerals, Saudi Arabia), Dr. Annabel Teh Gallop (British Library), Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud (ISTAC Malaysia), dan Prof. Bhajan Grewal (Victoria University).

Selain itu, Dr. Minako Sakai (UNSW), Prof. Tomas Lindgren (Umea University, Sweden), Dr. Kevin W. Fogg (Oxford University), Habiburrahman el-Shirozi (Indonesian Novelist/Humanist), Dr. Muhammad Hadi bin Muhammad Melayong (Brunei Darussalam), Prof. Magdy Behman (Estern Mennonite University, USA), Dr. Minako Sakai (University of New South Wales, Australia), dan Prof. Dr. David Carter (University of Canberra, Australia).

Penyelenggaraan AICIS 2016 juga dimeriahkan dengan Pertemuan Forum Rektor/Pimpinan PTKI, Forum Direktur Pascasarjana, Pameran Karya Tulis Ilmiah Dosen, Ekspos Jurnal Terakreditasi Nasional dan Internasional dan HAKI, Dialog Interaktif Scientific Publication for Islamic Higher Education, Talkshow Narasumber/Pakar (Dalam dan Luar Negeri), dan Indonesian Islamic Scholar Club (IISC). (T/ima/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.