AL AS Sita Ratusan Senjata dari Kapal di Perairan Yaman

Jeddah, MINA – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyita ratusan pucuk senjata kecil, termasuk AK-47, dari sebuah kapal kecil yang sedang berlayar di Teluk Aden, Yaman, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan, Rabu (29/8).

Sebelumnya kapal serupa juga dicegat di perairan yang sama dalam beberapa tahun terakhir yang membawa senjata ke milisi pemberontak di Yaman dari para pendukung mereka di Iran.

Pejabat pertahanan mengatakan kepada media,  insiden itu terjadi pada hari Selasa dan penyitaan dilakukan oleh awak kapal perusak Jason Dunham. Kapal tak berbendera itu merupakan kapal kecil tradisional.

Pejabat pertahanan menolak berkomentar mengenai tujuan kapal kecil itu, tetapi sedang diselidiki.

Dia menambahkan bahwa Angkatan Laut AS dan kapal sekutu telah melakukan operasi serupa di masa lalu, termasuk menyita obat-obatan dari kapal di daerah tersebut.

Koalisi Arab, yang mendukung pasukan pemerintah Yaman dalam perang melawan milisi Houthi, telah berulang kali menuduh Iran mengirim senjata, termasuk komponen rudal balistik, kepada kelompok itu.

Pada bulan September, Laksamana Muda Kevin M. Doneganthe, komandan angkatan laut Amerika di Timur Tengah, mengatakan Iran menyelundupkan senjata dan teknologi ilegal ke Yaman, yang memungkinkan Houthi menembakkan rudal yang lebih canggih ke Arab Saudi. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)