Amankan KTT ASEAN ke 43, TNI Siapkan Pengamanan Terbaik

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – menyiapkan pengamanan berupa alat utama sistem persenjataan () terbaik untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi () ke 43 di Jakarta.

Hal itu diungkapkan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Erwin S Aldedharma, dalam dialog Pengamanan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Menurutnya, tiga matra dari TNI dan didukung Polri, akan fokus pada pengamanan VVIP untuk mengamankan tamu VIP.

“Baik dari angkatan darat, angkatan laut maupun angkatan udara itu sudah disiapkan semua alutsista yang dibutuhkan karena kita sudah mempunyai standar sendiri sesuai skala kegiatan yang dilaksanakan,” katanya, Sabtu (2/9).

Panglima Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVI itu menuturkan KTT ASEAN yang kali ini berlokasi di Jakarta pertahanan di sektor laut dan udara diperkuat.

“Pertahanan di sektor laut kita siapkan baik itu kapal jenis kombatan, kapal jenis rescue, kapal escape, kemudian di sektor udara segala jenis helikopter juga kita persiapkan,” tuturnya.

Dikatakan, Khusus di sektor darat TNI menyiapkan segala alutsista yang digunakan untuk mengantisipasi perkembangan situasi, termasuk kendaraan ambulans, kendaraan pemadam kebakaran, dan sarana angkut evakuasi.

Laksdya Erwin memuturkan, kegiatan pengamanan KTT ASEAN tidak bisa dilaksanakan secara sektoral, karenanya TNI bersinergi dengan Polri.

“Kita juga mempunyai dasar aturan melalui Keputusan Presiden yang dalam pelaksanaan kegiatan ini untuk membentuk satuan tugas terdiri dari Kementerian Pertahanan, TNI, Polri, BSSN, dan BIN,” ucapnya.

Seluruh sektor ini, bekerja sesuai dengan kewenangan dan tugas masing-masing untuk menciptakan keamanan agar KTT ke-43 ASEAN berjalan kondusif. (R/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.