Amin Haedari: Pejabat Pelaksana Pendidikan Islam Harus Istiqamah

Jakarta, 3 Ramadhan 1437/ 8 Juni 2016 – Konsisten atau adalah kata yang sangat mudah untuk diucapkan, akan tetapi sangatlah sulit untuk dilakukan. Seseorang yang bisa beristiqomah akan segala hal terutama taat kepada Allah, kelak akan diberikan nilai tersendiri di hadapan Allah.

Istiqomah yang patut diterapkan bagi “awak” Direktorat Jenderal menurut kajian Amin Haedari, setidaknya ada tiga hal; Istiqomah bil af`al, Istiqomah bis shifah, dan Istiqomah bil aqidah.

Istiqomah bil af`al, terang Direktur Pendidikan Agama Islam ini berkaitan dengan kegiatan lahiriah, badan manusia.

“Sholat fardhu-sunnah, puasa Bulan Ramadhan, saling memberi maaf misalnya adalah termasuk Istiqomah bil af`al,” terang Amin pada Kultum Sholat dhuhur di Musholla at-Tarbiyah Ditjen Pendis, Rabu (8/6).

Istiqomah yang kedua adalah Istiqomah bis shifah.

“Saling menghargai sesama manusia walaupun berbeda jabatan, bertingkah santun baik sebelum dan sesudah menjadi pajabat misalnya adalah salah satu konsistensi dalam berkarakter/bersifat,” sindir Amin yang akan memasuki masa pensiun tahun ini.

Konsitensi yang ketiga adalah Istiqomah bil aqidah, konsiten dalam berkeyakinan.

“Ketika kita sudah mantap memeluk agama Islam maka harus dipertahankan sampai besok menghadap Allah. Inilah yang dinamakan iman, karena iman adalah konsistensi dalam hati dan lisan serta terejawantahkan dengan menjalankan rukun Islam, aqdun bil Qalbi, Iqrarun bil Lisan, wa amalun bil arkan,” pungkas alumnus UIN Sunan Kalijaga ini. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.