Angga,17 Tahun, Bintang Baru Balap Sepeda Indonesia

Jakarta, MINA –  Pebalap sepeda junior Indonesia, Angga Dwi Wahyu Prahesta, mencetak sejarah dengan meraih medali emas dalam kelas scratch junior putra Kejuaraan Sepeda Track Asia 2019 di Jakarta International Velodrome di Jakarta, Kamis malam (10/1).

Sebelumnya ia berlatih tiga pekan di India. Kemudian persiapan  untuk kejuaraan ini hanya dua pekan sejak pertengahan Desember 2018.

“Saya tentu sangat bangga sekali bisa mendapatkan medali emas karena perlombaan sangat ketat,” kata Angga, 17 tahun.

Pebalap sepeda kelahiran Lumajang, Jawa Timur itu, mengungguli pebalap sepeda India Venkappas Kengalagutti pada posisi kedua dan pebalap sepeda Taiwan Chih Sheng Chang yang menempati posisi ketiga.

Ia mengaku tidak menyangka bisa meraih prestasi luar biasa ini. “Target awal saya adalah medali perunggu karena ini perlombaan pertama tingkat Asia bagi saya,” katanya.

Atlet kelahiran Lumajang, Jawa Timur itu mengaku telah berlatih di India selama tiga pekan pada Desember 2018 sebelum kembali ke Indonesia pada awal Januari.

Sementara itu, pelatih balap sepeda nasional Dadang Haris Purnomo mengaku semula tidak mengunggulkan Angga untuk menyabet medali emas karena perlombaan Asia ini dutamakan sebagai ajang penambah pengalaman bagi atlet-atlet junior.

“Saya sempat tidak percaya denganhasil yang diraih Angga. Itu adalah pembuktian pembinaan PB ISSI berhasil mencari atlet-atlet penerus,” kata Dadang.

Selain diturunkan mengikuti Kejuaraan Track Asia 2019 di Jakarta, PB ISSI akan menurunkan Angga pada sejumlah perlombaan lain tingkat Asia. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)