PARLEMEN INGGRIS AKUI NEGARA PALESTINA

Anggota Perlemen berikan suara pengakuan negara Palestina (Foto : MEMO)
Anggota Perlemen berikan suara (Foto : MEMO)

, 7 Dzulhijjah 1435/2 Oktober 2014 (MINA) – Anggota Inggris akan mengadakan pemungutan suara untuk memberikan dukungan kepada , 13 Oktober mendatang.

Perdebatan itu akan dihadiri ketua Persahabatan Perburuhan Palestina dan Timur Tengah serta anggota parlemen untuk Easington, Grahame Morris, Crispin Blunt, Bob Russell, Caroline Lucas dan Jeremy Corbyn.

Perdebatkan itu untuk mendengar pendapat dari anggota parlemen yang menyerukan kepada pemerintah untuk mengakui  Palestina sebagai negara merdeka berdampingan dengan Israel.

Anggota parlemen akan menentukan untuk memilih apakah akan mendukung gerakan tersebut atau tidak.

Acara debat itu dilakukan sebagai kelanjutan sikap ketidaksetujuan atas kebijakan pemerintah terhadap Israel yang menyebabkan pengunduran diri menteri Konservatif senior, Baroness Warsi.

Baca Juga:  Protes serangan ke Gaza, Turkiye Hentikan Ekspor Impor Dengan Israel

Ditulis oleh Surat Kabar New Statesman, para pemimpin anggota parlemen Konservatif Baroness dan Morris, menyerukan kepada pemerintah mendukung Palestina merdeka.

Sebelumnya, Partai Buruh menyatakan mereka akan mendukung pengakuan negara Palestina.

Tidak ada penentangan dalam debat tersebut, namun beberapa anggota parlemen menambahkan amandemen bahwa pengakuan tersebut akan diberlakukan jika perundingan perdamaian antara Israel dan Otoritas Palestina tercapai.

Meski dari beberapa orang merasa tidak nyaman dengan dukungan tersebut, namun masih belum bisa dipastikan arah dukungan mereka.

Berbagai organisasi di Inggris telah mengkampanyekan gerakan dukungan terhadap Palestina. Sejumlah anggota parlemen juga telah melakukan lobi dalam peluncuran Kampanye tersebut. (T/P002/R12/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0