Anies Baswedan : Mencintai Indonesia Tanpa Syarat

Jakarta, MINA – H. Anies Rasyid Baswedan,S.E.,M.P.P.,Ph.D., cucu Abdurrahman Baswedan (AR Baswedan), salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia, mengatakan betapa para pejuang jaman dahulu dalam perjuangan mereka penuh dengan kecintaan kepada bangsa Indonesia.

“Mereka sederhana tapi berintegritas. Mereka bukan orang yang meminta sesuatu dari Republik ini. Mereka mencintai Indonesia tanpa syarat,” ujar dalam Talk Show Suara Reboan dengan topik “Mari Merdeka Bersama”, di Metro TV Live, Rabu, 16 Agustus 2023 pukul 19.05-20.00 WIB.

“Mereka tidak minta walau sudah berjuang. Mereka tidak pernah mengatakan saya sudah berjuang seharusnya mendapatkan a, b, c. Mereka penuh dengan idealisme,” ujar Gubernur Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

Anies Baswedan menambahkan, dengan dasar cinta tanpa syarat, para tokoh bangsa kemudian menghibahkan seluruh hidupnya demi Indonesia menjadi sebuah bangsa dan negara yang merdeka dan berdaulat.

“Semangat menyongsong kemerdekaan orang-orang dahulu sangat luar biasa, penuh dengan keyakinan,” ujar aktivis HMI semasa kuliah di UGM Jogjakarta itu.

Ia mencontohkan, ketika itu bulan Juli 1945, bibinya melahirkan anak, dan diberi nama Imlati. Imlati singkatan dari Indonesia Merdeka Lekas Akan Tercapai Insya-Allah.

Sebuah gambaran keyakinan menyongsong kemerdekaan, kapan tanggal merdekanya tidak tahu. Tapi yakin akan merdeka. Tanda-tandanya sudah tahu dalam gelora perasaan diri, ujarnya. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.