Arief Rahman: Menulis Adalah Awal Peradaban

Pimpinan Umum Kantor Berita MINA Arief Rahman saat memberikan Kuliah Umum di STAI Al-Fatah Cileungsi Bogor, Sabtu (10/09/2022). (Foto: Abdullah/MINA)

Cileungsi, Kab. Bogor, MINA – Pemimpin Umum Kantor Berita MINA mengatakan, menulis adalah awal dari sebuah peradaban, dan jihad melalui menulis (bil qolam) itu hal yang luar biasa.

Hal itu ia sampaikan dalam Studium Generale atau Kuliah Umum Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah Cileungsi Bogor pada Sabtu (10/9), dengan tema utama “Da’i dan Jurnalis Cerdas di Era Milenial”.

“Menulis adalah awal dari peradaban. STAI Al Fatah adalah wadah yang bisa membentuk jurnalis-jurnalis yang bisa mengubah peradaban, harus meyakini bahwa melalui Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) ini nantinya akan membentuk peradaban,” kata Arief.

Ia mengatakan, STAI Al Fatah sebagai partner MINA juga harus bisa meningkatkan kualitas terutama mahasiswanya.

“Jihad itu perlu semangat. Jangan lupakan sejarah. Literasi digital adalah bagaimana kita mengenal seluk-beluk digital, bukan hanya melek terhadap media massanya saja,” ujar Arief.

Menulis itu, kata Arief, ternyata memiliki sejarah yang panjang, dan Islam mempunyai sejarah yang panjang tersebut.

Hadir sebagai pembicara lainnya dalam Studium Generale , seorang pakar IT, Yumarsono Muhyi, yang juga dikenal sebagai Digital Marketing Expert.

STAI Al Fatah Cileungsi Bogor merupakan Perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak tahun 1999, dan saat itu diresmikan oleh Menteri Agama RI Prof. Dr. K.H. Abdul Malik Fadjar. Kampus ini dirintis oleh Imaam Muhyiddin Hamidy (alm) yang juga pendiri Kantor Berita MINA.

STAI Al-Fatah baru memiliki satu prodi yaitu Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Prodi tersebut telah meluluskan banyak alumni yang bekerja dan terserap di bidang media, penyiaran, pendidikan, sosial, dan lapangan dakwah di berbagai penjuru Indonesia. (L/R6/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.