AS Kembali Bantu UNRWA untuk Perbaiki Hubungan dengan Palestina

Foto: MEMO

Washington, MINA – Pemerintah AS yang dipimpin Joe Biden mengumumkan, akan mulai kembali memberikan bantuan kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk pengungsi (), yang sebelumnya dipotong oleh Presiden sebelumnya Donald Trump.

AS akan memberikan  AS $ 235 juta kepada Palestina melalui UNRWA, yang akan dimulai pada Ahad (11/7). Demikian dikutip dari MEMO, Sabtu (10/7).

Bantuan tersebut, termasuk bantuan kemanusiaan, ekonomi dan pembangunan, dirinci oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, sebagai bagian dari upaya untuk memperbaiki hubungan AS dengan Palestina.

Anggota Kongres AS Barbara Lee menyambut baik pengumuman tersebut.

“Pengumuman hari ini adalah langkah yang telah lama tertunda untuk melanjutkan kembali hubungan positif AS dengan rakyat Palestina dan membangun kembali Amerika Serikat sebagai negara yang kredibel. dan pemimpin yang konstruktif di kawasan ini,” katanya.

“Keputusan Trump untuk mengakhiri semua kontribusi kemanusiaan untuk UNRWA pada tahun 2018, kejam dan impulsif yang berbahaya. Itu juga melemahkan kredibilitas Amerika di panggung dunia dan semakin melemahkan tujuan solusi dua negara, ” tegasnya.

Langkah ini menandai langkah paling signifikan Presiden Joe Biden, sejak menjabat untuk memenuhi janjinya membatalkan beberapa pendekatan pendahulunya Donald Trump yang dikecam Palestina sebagai sangat bias mendukung Israel.

Sebelum pemotongan administrasi Trump, AS telah menyediakan UNRWA sekitar AS $ 350 juta per tahun, lebih dari seperempat dari anggaran tahunan badan tersebut AS $ 1,2 miliar. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.