BAZNAS Siap Layani 46.961 Mustahik Selama Ramadhan

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () menyelenggarakan 18 program unggulan sebagai bentuk layanan kepada para maupun muzaki selama bulan Ramadan 1440 Hijriyah.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Dr Irfan Syauqi Beik mengatakan, BAZNAS meningkatkan pelayanan selama bagi para muzaki dalam mempermudah mereka menunaikan kewajibannya, peningkatan layanan terhadap para mustahik juga dilakukan dan penting.

“BAZNAS meningkatkan pelayanan dalam memudahkan para muzaki atau donatur menunaikan kewajibannya, harapannya tentu semakin banyak mustahik yang terbantu terutama di Ramadhan dan Idul Fitri, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 46.961 mustahik,” katanya dalam acara konferensi pers di Kantor BAZNAS, Jakarta Pusat, Jumat (10/5).

Dalam konferensi pers ini hadir pula Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS Ahmad Fikri, dan Kepala Divisi Pendayagunaan Randi Swandaru.

Ahmad Fikri mengatakan program Ramadan unggulan BAZNAS di pendistribusian yang pertama adalah Masjid Cemerlang, kedua Program Layanan Ketahanan Pangan, Paket Ramadan Bahagia (PRB), Hidangan Berkah Ramadan (HBR), lalu Ramadan Sehat Ceria.

“Program-program ini melibatkan seluruh lembaga program yang dimiliki BAZNAS. Dalam penyaluran HBR, tim dari BAZNAS juga berkeliling di daerah pinggiran dan plosok-plosok perkotaan mendistribusikan hidangan berbuka dan sahur untuk mustahik,” katanya.

Selain itu ada pula program Ramadan Dakwah salah satunya bentuk layanan di kanting kemiskinan ibukota, seperti di Kampung Bayam, Jakarta Utara. Ada juga program Santripreneur, Kafilah Dakwah Sekolah Cendekia BAZNAS, dan yang kesembilan adalah Posko Mudik.

Randi Swandaru mengatakan, program unggulan BAZNAS selama Ramadan terdapat 18 program pendistribusian dan pendayagunaan.

Program pendayagunaan yang dilakukan BAZNAS antara lain, program pemberdayaan ZMart, Mustahik Pengusaha, Pelatihan Kewirausahaan UKM, Mustahik Mikro, lalu ada Pemberdayaan Petani Beras Fitrah.

Selain itu ada program bazar mitra usaha microfinance, Jambore Cah Angon, Gulai Ramadan, dan program yang ke-18 ada Program Zakat Community Development (ZCD) Jakarta.

Program pendayagunaan BAZNAS selama Ramadan ini, memberdayakan para mustahik sehingga mereka bisa tumbuh berkembang, meningkatkan perkonomian, dan kesejahteraan. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.