BAZNAS Targetkan Bisa Salurkan 3.000 Hewan Kurban

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () mengajak masyarakat untuk melaksanakan ibadah kurban pada Hari Raya 1440 Hijriah ini melalui program Kurban Berdayakan Desa.

Untuk lebaran Idul Adha tahun ini, BAZNAS menargetkan akan menyalurkan 3.000 yang akan menjangkau 50 titik wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Sebanyak 3.000 hewan kurban yang dipotong direncanakan dapat dirasakan manfaatnya oleh 60 ribu Kepala Keluarga atau sekitar 240 ribu penduduk desa yang membutuhkan di 23 provinsi di Indonesia.

Ketua Panitia Nasional Kurban BAZNAS 2019, Mohammad Indra Hadi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (3/7) mengatakan, masyarakat dapat berpartisipasi menyalurkan infak hewan kurban melalui program tersebut.

“BAZNAS menyelenggarakan Kurban Berdayakan Desa untuk mempermudah masyarakat dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana hikmah berkurban sebagai bentuk ketaatan atas perintah Sang Maha Pencipta,” katanya.

Selain itu, kata dia, BAZNAS juga mengajak masyarakat untuk menjadikan ibadah kurban sebagai upaya pemberdayaan desa. Ketika kurban dilakukan di desa, peternakan warga akan berkembang dan berbagai industri turunan akan mengikuti.

“Seperti olahan kulit dan kotoran kambing pada Program Balai Ternak BAZNAS di Semarang dan Banyumas, Jawa Tengah serta Tanah Datar, Sumatera Barat,” kata Indra.

Indra mengatakan, perputaran roda perekonomian menjadi semakin kuat. Di Tanah Datar, usaha peternakan warga mengundang munculnya usaha pabrik pakan ternak dan budidaya tanaman hias.

Di Kendal, Jawa Tengah, produksi kompos dari kotoran kambing dimanfaatkan untuk mengembangkan budidaya tanaman jambu yang kemudian dijual dalam bentuk makanan olahan.

Dari sisi pendidikan, dengan perputaran ekonomi dari Kurban Berdayakan Desa, akan membantu meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menempuh pendidikan lebih tinggi dan memperbaiki fasilitas pendidikan terdekat.

“Kurban Berdayakan Desa juga mendorong peningkatan kualitas Kesehatan masyarakat desa, dari anak-anak hingga orang dewasa. Daging sapi dan daging kambing mengandung berbagai zat gizi yang membantu pertumbuhan anak-anak desa lebih sehat,” katanya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.