Bertemu Presiden FIFA, Jokowi Siap Sukseskan Piala Dunia U-20 di Indonesia

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden International Federation of Football Association (FIFA), Gianni Infantino di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11) (foto: istimewa)

Bangkok, MINA – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden International Federation of Football Association (FIFA), Gianni Infantino di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11). Keduanya membahas penyelenggaraan Piala Dunia Sepakbola U-20 di Indonesia.

Jokowi, dalam pertemuan yang merupakan rangkaian KTT ASEAN ke-35 di Bangkok tersebut menegaskan komitmen Indonesia untuk bersungguh-sungguh dalam menyukseskan event yang akan digelar pada tahun 2021 tersebut.

“Kepada Presiden FIFA, saya menyampaikan Indonesia akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 berlangsung sukses dan lancar. Apalagi, kita telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018,” tulis Jokowi dalam keterangan foto di akun Instagramnya.

Jokowi menjelaskan, Indonesia telah menyiapkan 10 stadion untuk perhelatan Piala Dunia U-20 itu, antara lain: Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Pakansari, dan Stadion Patriot Candrabhaga.

Jokowi juga meminta FIFA untuk berkoordinasi dengan PSSI agar bisa membicarakan patokan kelayakan dari stadion-stadion tersebut.

“Untuk perhelatan sepak bola dunia itu, Indonesia tengah mempersiapkan 10 stadion yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, dan Bali sebagai lokasi pertandingan. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyambut baik jika Tim Pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI,” tegas Jokowi.

Sementara itu, Presiden FIFA mengaku senang telah mengeluarkan rekomendasi kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang.

“Bagi negara besar seperti negara Indonesia yang sangat tergila-gila dengan sepakbola ini sangat penting untuk mengadakan acara besar untuk Indonesia dan untuk seluruh wilayah Asia,” kata Gianni kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi.

Ia juga mengingatkan, Piala Dunia ini bukan hanya acara, melainkan bagian dari program untuk mengembangkan sepak bola di seluruh negeri yang Indonesia memiliki lebih dari 1600 klub sepak bola.

“Kami akan bekerja sama secara erat dalam kemitraan dengan Federasi Sepakbola Indonesia dan pemerintah untuk memastikan bahwa Piala Dunia U-20 ini menjadi yang terbaik yang pernah ada,” kata Gianni.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 yang rencananya digelar pada 20 Mei sampai 16 Juni 2021. Sebanyak 24 tim dari enam konfederasi akan bertanding di event besar ini. (T/Sj/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)