BJ Habibie Wafat, Sejumlah Menteri Ucapkan Belasungkawa

BJ Habibie (foto:dok/Augusta)

Jakarta, MINA – Berpulangnya Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah menyisakan kesedihan dan rasa kehilangan yang mendalam bagi keluarga dan sahabat, termasuk para menteri kabinet Indonesia.

Sejumlah menteri dan kementerian mengucapkan dan memanjatkan doa kepada “Bapak Bangsa” serta sosok Tehnokrat kelas dunia tersebut.

“Duka cita kami yang sangat sangat dalam atas berpulangnya Presiden ke-3 RI, Bapak B.J. Habibie. Kita telah kehilangan sosok Bapak bangsa yang cerdas, selalu optimis dan berpikir positif,” tulis Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi dalam akun Twitternya, Rabu (11/9) malam.

Ia juga mendoakan semoga Almarhum khusnul khotimah…. “Rest in Peace Bapak,” tulisnya.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo selain memanjatkan doa, ia juga menyatakan tidak hanya kehilangan sosok Tehnokrat kelas dunia tetapi jg seorang sosok negarawan Indonesia yang menjadi teladan.

“Kita semua kehilangan sosok pemikir pengayom dari Beliau yang selama ini pikiran tenaga Beliau dicurahkan untul kemajuan bangsa dan Negara Republik Indonesia, kita mendoakan Beliau diterima di sisi Allah,” kata Mendagri dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya BJ Habibie. Ia juga merupakan Menteri Riset dan Teknologi periode 1978- 1998.

“Kontribusi Bapak BJ Habibie terhadap kemajuan bangsa Indonesia dinilai sangat inovatif, inspiratif dan bermakna bagi kemaslahatan bangsa. Beliau menjadikan teknologi bangsa Indonesia disegani di tingkat dunia serta terus menerus menekankan pentingnya penguasaan iptek untuk kemajuan Bangsa Indonesia,” kata Kemenristek Dikti dalam siaran persnya.

Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Kabar meninggal ini disampaikan putranya, Thareq Kemal. Habibie sebelumnya dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD sejak 1 September 2019.

Jenazah BJ Habibie kemudian akan dibawa ke kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta. Rencananya, hari ini, Kamis (12/9) akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)