BKPM Apresiasi Perluasan Pabrik Tekstil Jateng Serap 6.000 Tenaga Kerja

Foto: Sumbarprov.go.id
Foto: Sumbarprov.go.id

Jakarta, 7 Jumadil Akhir 1437/ 16 Maret 2016 (MINA) – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal () mengapresiasi perluasan pabrik tekstil PT Apparel One Indonesia di Semarang, Jawa Tengah dengan nilai investasi US$ 39 juta (setara dengan Rp 490 miliar dengan kurs dolar AS Rp 12.500). Investasi yang dilakukan akan menyerap hingga 6.000 orang.

“Kami mengapresiasi peresmian pabrik yang dilakukan karena akan berdampak positif terhadap penciptaan lapangan kerja sebanyak 6.000 orang serta akan meningkatkan kapasitas produksi pakaian jadi sebanyak 21 juta item per tahun yang diperuntukkan bagi pasar ekspor dengan nilai mencapai US$ 100 Juta per tahun,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (16/3).

Franky menjelaskan bahwa PT Apparel One Indonesia diharapkan dapat terus meningkatkan investasinya di Indonesia sehingga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan perekonomian nasional dengan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi orientasi ekspor untuk industri tekstil serta turunannya.

“Perluasan tersebut menunjukkan investasi di sektor tekstil tetap bergeliat serta sejalan dengan langkah pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja,” kata Franky.

Sementara Deputi Bidang Pelaksanaan Penanaman Modal Azhar Lubis yang mewakili Kepala BKPM dalam peresmian Pabrik PT Apparel One mengatakan, dengan melihat perkembangan realisasi atas komitmen/rencana investasi yang semakin meningkat, BKPM optimis bahwa target realisasi investasi sebesar Rp 594,8 Triliun dapat tercapai.

Provinsi Jawa Tengah sendiri merupakan daerah tujuan utama lokasi realisasi investasi industri tekstil dan produk tekstil selama tahun 2015. Dominasi Jawa Tengah menggeser posisi Jawa Barat yang mulai nampak sejak triwulan ketiga 2015, terus meningkat hingga akhir tahun 2015.

Nilai investasi tekstil yang masuk ke Jawa Tengah selama tahun 2015 tercatat mencapai Rp 4,6 triliun dengan jumlah proyek mencapai 188 proyek dan menyerap tenaga kerja sebesar 79.131 orang. Kontribusi Jawa Tengah ini setara dengan 56% dari total investasi tekstil di Indonesia.

PT Apparel One Indonesia merupakan salah satu dari 16 perusahaan yang termasuk dalam ”Program Investasi Padat Karya Menciptakan Lapangan Kerja” yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 5 Oktober 2015 lalu di Balaraja Provinsi Banten. (L/P010/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.