BNI Syariah- OJK Luncurkan Program Aksi Pangan

Plt. Direktur Utama bersama Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Hadad, dan MenKo Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat berada di Peluncuran Program .

 

Padang, 28 Jumadil Akhir 1348/27 Maret 2017 (MINA) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan BNI Syariah dan industri keuangan lainnya meluncurkan Program “Aksi Pangan” dalam sebuah acara di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, antara lain dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution .

Menurut Plt Direktur Utama BNI Syariah Junaidi Hisom, progam ini merupakan upaya sinergi kebijakan dalam mengakselerasi inklusi keuangan untuk mendukung program kedaulatan pangan.

“Sebagaimana keikutsertaan BNI Syariah dalam kegiatan Aksi Pangan ini merupakan upaya nyata BNI Syariah untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pembiayaan value chain pada sektor pangan dan pertanian dari hulu ke hilir,” kata Junaidi dalam Keterangan Pers di Padang, Senin (27/3).

“Diharapkan ke depan program ini akan dapat menjawab masalah terbatasnya akses pembiayaan khususnya di sektor ketahanan pangan yakni pertanian, kehutanan, perkebunan, dan perikanan,”  ujar Junaidi.

Sementara itu untuk mendukung industri pariwisata halal di Provinsi Sumatera Barat, bersamaan dengan adanya kegiatan Aksi Pangan tersebut, pimpinan BNI Syariah juga  melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Junaidi mengatakan dalam pertemuan tersebut BNI Syariah menyampaikan dukungan untuk memajukan industri pariwisata halal di Provinsi Sumatera Barat, yang telah berhasil tampil sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia tahun 2016 di ajang World Halal Tourism Award 2016.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, Pemerintah Daerah, Association of the Indonesia Tours & Travel Agencies (ASITA) yang menyebutkan potensi jumlah wisatawan halal tourism sebesar 15 juta wisatawan dengan jumlah transaksi sekitar Rp 223 triliun.

”Kami mendukung penuh pariwisata di ranah Minang karena Sumatera Barat memiliki potensi wisata halal dan kekayaan alam yang luar biasa. BNI Syariah akan mengumpulkan para pelaku industri pariwisata antara lain pengusaha hotel, restaurant dan pemilik tour and travel untuk bersinergi memajukan industri pariwisata halal di Sumatera Barat,” ujar Junaidi.

BNI Syariah bersama mastercard melalui produk kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card akan menjalin kerjasama promo dengan merchant-merchant pelaku industry.

Peluncuran Program Aksi Pangan dilaksanakan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, yang dihadiri oleh Plt. Direktur Utama BNI Syariah, Junaidi Hisom, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Anggota Komisi XI DPR RI, Gubernur Provinsi Sumatera Barat, pejabat Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau BPN, serta diikuti oleh asosiasi, pimpinan industri jasa keuangan dan pelaku financial technology (fintech) di bidang pertanian. (L/R03/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.