Bulan Sabit Merah Turki Kirim Bantuan ke Afrika yang Dilanda Kekeringan

Sudan Selatan, 18 Jumadil Akhir 1438/17 Maret 2017 (MINA) –  mengirimkan bantuan untuk jutaan orang yang tengah menghadapi kelaparan akibat kekeringan di Sudan Selatan, kawasan , demikian pimpinan lembaga kemanusiaan itu, Kerek Kinik, menjelaskan, Jumat.

Awal bulan ini, Bulan Sabit Merah Turki meluncurkan kampanye bantuan “Jadilah Harapan Kemanusiaan” untuk meningkatkan kesadaran terhadap orang-orang yang menderita dampak kekeringan di Afrika Timur.

Organisasi Internasional itu telah menyerukan tindakan mendesak untuk membantu lebih dari 20 juta orang yang sedang menghadapi kelaparan di Sudan Selatan, dan beberapa negara lainnya seperti: Somalia, Yaman, timur laut Nigeria dan Kenya.

Kerem Kinik mengatakan, sekitar 30 organisasi non-pemerintah telah bergabung dalam kampanye itu, demikian dilaporkan Worldbulletin, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Pertama kami berniat untuk memasok kebutuhan mendesak seperti obat-obatan dengan pesawat kargo. Selanjutnya, kami akan memberikan persediaan makanan,” katanya.

“Di Sudan Selatan, ada sekitar 3 juta orang telah mengungsi dan tidak ada pelayanan kesehatan. Di Yaman 13.000 terluka pun menunggu perawatan. Kami berusaha untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan ke daerah tersebut,” tambahnya.

Pada tanggal 4 Maret, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam cuitan tweet-nya menyerukan dunia untuk berpartisipasi dalam kampanye bantuan tersebut. (T/R13/RS-2)

Mi’raj Islamic News Agency  (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.