Bulan Solidaritas Palestina 2022, AWG Tolak Kedatangan Timnas Israel

Cileungsi, Kab. Bogor, MINA – Pada 2023 bulan Mei dan Juni, akan ada Piala Dunia U-20 di Indonsia. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aqsa Working Grup (AWG), Subhan Amier Chaf menegaskan, menolak ke Indonesia  karena mereka masih menjajah negara Palestina.

“Melihat pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan Israel, maka kita menolak kedatangan Timnas Israel sebab mereka adalah penjajah negara Palestina,” kata Subhan saat sambutan 2022 bertajuk ‘Palestine Solidarity League’ digelar di Lapangan Futsal Bineka, Cileungsi, Bogor, Ahad (27/11).

Lebih lanjut, Subhan mengatakan, Palestine Solidarity League ini diharapkan akan digelar setiap tahun sebagai rangkaian acara BSP dan dapat menjadi liga nasional.

“Liga futsal ini akan terus kita lakukan setiap tahun. Diharapkan pada tahun mendatang pesertanya semakin bertambah dan menjadi liga nasional,” imbuhnya.

Aktivitas ini katanya, adalah dalam rangkaian aktivitas BSP 1444/2022 untuk menunjukan keberpihakan bangsa Indonesia kepada bangsa Palestina, baik warga atau pun pemerintahnya.

Subhan menyebut, Palestina merupakan satu-satunya negara di muka bumi yang masih belum merdeka. Sehingga perjuangan membela Palestina harus terus digaungkan, terutama bagi rakyat Indonesia.

Pasalnya, Palestina menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Diawal perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih dan memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia, Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia,” ujarnya.

Penjajahan masih terus berlangsung di Palestina oleh Israel, lanjut Subhan, merupakan pelanggaran HAM dan Indonesia sangat menentang hal itu karena tidak sesuai dengan UUD 1945.

“Maka kita sebagai warga Indonesia yang undang-undang negaranya menentang segala bentuk penjajahan di muka bumi ini, maka keberpihakan kita terhadap warga dan pemerintah Palestina merupakan sebuah keniscayaan,” kata Subhan.

*Bulan Solidaritas Palestina*

November dipilih menjadi Bulan Solidaritas Palestina karena setidaknya ada empat peristiwa penting yang diperingati oleh rakyat Palestina dan dunia:

• Deklarasi Balfour 02 November 1917
• Kematian Yasser Arafat, 11 November 2004
• Deklarasi Palestina Merdeka, 15 November 1988
• Hari solidaritas Palestina sedunia yg ditetapkan oleh PBB sejak 1979 setiap tanggal 29 November.

Berdasarkan beberapa peristiwa bersejarah di atas, AWG memilih November menjadi Bulan Solidaritas Palestina dan akan diperingati setiap tahun.

Kegiatan BSP 2022 dilaksanakan secara serempak di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kegiatan ini pun turut digelar di Gaza, Palestina.

“Kegiatan BSP, Alhamdulillah dilakukan secara serempak diseluruh wilayah di Indonesia dan juga dilakukan di Gaza, Palestina,” ujar Presidium AWG, Rustam Effendi.

BSP tahun ini adalah kali kedua setelah diselenggarakan perdana pada 2021 lalu. Agenda tahunan ini bertujuan sebagai upaya mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka dari penjajahan Zionis Israel dalam rangka pembebasan Masjid Al Aqsa. Dengan BSP, AWG juga ingin menyerukan pada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk terus teguh pada komitmen anti penjajahan sesuai amanat UUD 1945 alinea pertama.

Pelaksanan BSP menjadi bagian dari edukasi kepada generasi muda tentang usaha-usaha pembebasan Al Aqsa dan membantu kemerdekaan Palestina. Selain itu, BSP 2022 juga menjadi wadah untuk menyerukan penolakan kehadiran Timnas Israel pada gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2023.

BSP 2022 telah dibuka sejak 1 November 2022 dan akan digelar selama sebulan penuh. Perayaaan ini dimeriahkan dengan beragam kegiatan, mulai dari tingkat anak-anak seperti lomba mewarnai, menggambar, lalu tingkat SMP/SMA sederajat dengan lomba menulis artikel, cerpen, hingga ke tingkat mahasiswa dengan aneka perlombaan seperti pembuatan konten video 1 menit untuk reels instagram. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.