Bupati Malang: MTQMN Dongkrak Ekonomi dan Pariwisata

Bupati Malang, Rendra Kresna.(Foto: MTQMN)

Malang, MINA – Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan, Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV tahun 2017 jadi ajang dongkrak dan ekonomi.

Menurutnya, MTQMN XV yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) membawa dampak positif khususnya pada masyarakat Malang Raya, demikian yang dikutip dari laman resmi MTQMN.

“Secara tidak langsung, meskipun para kafilah menginap di ma’had UIN (Maulana Malik Ibrahim, red), tetap saja ofisial banyak menginap di hotel-hotel wilayah Malang Raya, hal tersebut bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya saat gala dinner bersama kafilah dan ofisial MTQMN XV di Pendopo Kabupaten Malang, Ahad (30/7).

Ia menambahkan, di ajang kegiatan tersebut pihaknya sangat semangat dalam memanfaatkan momen dua tahunan ini sebagai sarana promosi pariwisata daerahnya.

Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata akan menyediakan transportasi gratis dan menggratiskan juga tiket berkunjung ke pantai-pantai yang berada di kawasan Malang selatan, khusus bagi kafilah dan ofisial yang tidak bermusabaqah.

“Tapi untuk makannya, ditanggung sendiri ya,” kata Rendra dengan tawa.

Selain pantai, ia juga mempromosikan beberapa pariwisata yang ternama di kabupaten Malang, khususnya wisata religi seperti Masjid Tiban di Turen.

“Masjid Tiban yang dianggap masyarakat sekitar berdiri tiba-tiba, kami gencarkan promosinya, sehingga setiap hari puluhan bus yang mengunjungi dan juga banyak yang dari Malaysia dan Singapura,” kata Rendra.

“Pintu masuk Gunung Bromo pun, yang paling indah dan paling dekat dengan puncak ya tempatnya di kabupaten Malang,” paparnya sambil mempromosikan.

“Meskipun musabaqah berakhir tanggal 3 Agustus, setidaknya kafilah menetap untuk berwisata di sini saja, hingga setidaknya tanggal 7,” tambahnya.

Pada gala dinner yang dihadiri Rektor UM, Prof. Dr. Ahmad Rofi’uddin, M.Pd. dan Rektor UB, Prof. Dr. Mohammad Bisri, M.S.(T/R10/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.