BWA Telah Bagikan Dua Juta Al-Quran dan Jalankan Wakaf Sarana Air Bersih

Jakarta, MINA – CEO Badan Wakaf () Heru Binawan menyampaikan, BWA telah membagikan sekitar dua juta kitab suci Al-Quran kepada masyarakat Terluar, Terpencil dan Terisolasi (3T).

Selain itu juga telah menjalankan wakaf sarana air bersih bagi masyarakat di daerah yang kesulitan air.

“Awalnya BWA hanya berkonsentrasi kepada penyediaan mushaf Al-Quran untuk umat Islam di pedesaan. Karena kami melihat mereka susah mendapatkannya. Banyak masjid atau musollah= yang tidak memiliki Al-Quran. Kalau toh ada, Al-Qurannya sudah lusuh,” tutur Heru pada dialog publik yang diselenggaraka oleh Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia () di Hotel Balairung, Jakarta, Jumat (17/2).

Namun dalam perjalannnya, lanjut Heru, BWA juga terpanggil menyediakan air bersih untuk masyarakat. Menurutnya, melalui penyediaan air bersih dan sanitasi sehat, diharapkan mewujudkan warga yang produktif untuk mencapai kesejahtaraan.

“Kalau kita di kota besar seperti Jakarta, ketersediaan air bersih sudah memadai. Tinggal buka kran air mengalir. Tetapi bagi masyarakat di pedesaan kondisinya berbeda. Sangat susah mendapatkan air di musim kemarau, atau airnya ada tapi tidak layak untuk diminum,” tambahnya.

Proyek penyediaan air bersih pertama yang digarap BWA berlokasi di Pontang, Banten. Untuk menyediakan air bersih tersebut pihaknya menggali sumur sedalam lebih dari 100 meter.

Wakaf sarana air bersih merupakan solusi untuk menyelesaikan krisis air bersih yang terjadi di Indonesia.

Diskusi publik berlangsung dalam rangka Pengukuhan pengurus Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) Periode 2022-2025. Selain Sarbini juga hadir sebagai pembicara Ketua Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad, Ketua Umum PRIMA DMI Ahmad Arafat Aminullah, ST dan Corporate Secretary Dompet Dhuafa Taufan Yusuf Nugroho.

Meningkatkan SDM

Sementara itu Ketua Umum PJMI yang baru dikukuhkan H. Ismail Lutan mengatakan, apa yang dilakukan BWA merupakan panggilan syiar yang nyata. Kiprahnya patut didukung demi kemajuan umat.

“Pada dasarnya PJMI dan BWA mempunyai ghirah yang sama yakni untuk mencerdaskan umat. PJMI bergerak di bidang literasi. Dengan informasi-informasi yang bermanfaat dan mencerdaskan. Sementara BWA dalam aksi nyata,” tutur Ismail Lutan.

Di sisi lain  Ismail Lutan mengatakan,  saat ini PJMI tengah menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak. Di antaranya Universitas Paramadina untuk peningkatan SDM jurnalis PJMI, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

“PJMI juga memiliki agenda melakukan pemberdayaan bagi kalangan jurnalis untuk meningkatkan kemampuan jurnalistiknya guna mendukung kinerja yang selama ini menjadi tugasnya sehari-hari,” kata pemimpin Redaksi Parahyangan Post itu.

Ismail juga menyebut nantinya ada program sejuta masjid, sejuta jurnalis. Diharapkan kelak para jurnalis muslim betul-betul menjalankan fungsinya dengan baik dan profesional.

“Setelah pengukuhan, dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik masjid di tiga daerah. Di samping itu, membentuk PJMI Muda sebagai wadah bagi gerenasi muda untuk mengembangkan diri dalam dunia kepenulisan serta sebagai upaya regenerasi dalam wadah organisasi,” jelasnya.

Tak hanya itu, PJMI juga akan memberi lokakarya untuk jurnalis lingkungan, mendidik YouTuber, dan memberdayakan UMKM.

Di bulan Ramadhan, PJMI juga akan mengadakan Ramadan Dialogue Series, suatu forum diskusi khusus dengan narasumber duta besar negara sahabat dan digelar di kedutaan di Jakarta, pada waktu menjelang berbuka puasa. (L/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)