Dr. Essam Yousef Serukan Biden Dukung Hak-Hak Rakyat Palestina

Gaza, MINA – Kepala Komite Internasional Populer untuk Mendukung Gaza, Dr Essam Yousef, menyerukan Presiden terpilih AS untuk berada di pihak Palestina dan mendukung hak-hak rakyat Palestina di tanah mereka sendiri.

Dalam pernyataan, Rabu (11/11), ia juga menyambut baik kemenangan demokrasi di AS

“Masalah Palestina, harus ditangani dalam kerangka hukum dan konvensi internasional yang mengakui pembentukan negara Palestina yang layak dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya,” terang Yousef. Demikian MEMO melaporkan.

Aktivis Veteran itu menekankan, fakta bahwa gagasan perdamaian yang disebut Kesepakatan Abad Ini oleh Trump telah memberi lampu hijau kepada negara pendudukan Israel untuk mempercepat pembangunan permukiman ilegal dan mengambil alih tanah Palestina.

Terlebih lagi, dampak kebijakan Washington sejak 2016 menjadi bencana bagi pengungsi Palestina, tidak terkecuali keputusan untuk berhenti berdonasi ke Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA) yang menyediakan layanan penting seperti pendidikan, perawatan kesehatan, dan bantuan makanan.

Yousef juga meminta Biden untuk menekan otoritas pendudukan Israel mencabut blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza serta mengakhiri bencana kemanusiaan yang harus dialami oleh warga Palestina di wilayah itu selama lebih dari 14 tahun.

“Selain itu, warga sipil Palestina membutuhkan perlindungan dari serangan militer Israel yang sering dilakukan juga mematikan,” tegasnya. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.