DD Genjot Potensi Wakaf Melalui ISEF 2019

 

Jakarta, MINA – , Dewan Syariah Dompet Dhuafa mengatakan, DD terus menggenjot melalui acara ISEF 2019 (Indonesia Syaria Ekonomic Festival) di Jakarta.

Pada forum Sustainanble Finance, wakaf produktif, Rabu (13/11), Wahfiuddin jadi salah satu narasumber dalam talkshow bersama Bupati Musi Banyuasin Sumsel Dodi Reza Alex Noordin,  Irwan Abdollah dari Bursa Efek Indonesia, praktisi pasar modal syariah dan celebrity seperti Alyssa Soebandono sebagai pekerja seni.

Talkshow tersebut mengangkat tema “Peran Ekonomi Islam dalam Kehidupan.”

“Tegakkan ibadah maka kamu akan terbentuk dari sistem ekonomi dan politik yang adil. Ekonomi syariah tidak terlepas dari nilai ibadah. Sistem ekonomi tidak berjalan ketika tidak melibatkan nilai spritual didalamnya. Oleh sebab itu hati-hati bagi pelaku ekonomi syariah bahwa hidup dilihat oleh Tuhan untuk semua transaksi-transaksi ekonomi,” ucap Wahfiuddin.

Bupati Musi Banyuasin mengemukakan, pengelolaan wakaf berkembang menjadi lebih produktif sebagai contoh dikemukakannya pengelolaan industri sawit di daerahnya.

“Wilayah kami menjadi wilayah contoh dalam pengembangan wakaf perkebunan dengan membangun pengolahan sawit. Sebagaimana telah dicontohkan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, bahwa wakaf yang pertama di bumi ini adalah wakaf kebun yang terus bergulir kebermanfaatanya. Kami mencontoh itu, mencoba untuk mengikuti skema itu, sehingga hasilnya kembali untuk masyarakat dengan dukungan dari seluruh aspek baik pemerintahan daerah maupun investor”, ujar Dody Alex Nurdin.

Ia memaparkan, perkembangan wakaf kian berubah seiring laju teknologi serta sasarannya.

Senada dengan hal itu Irwan Abdollah dari Bursa Efek Indonesia dan praktisi pasar modal syariah mengatakan, masuk era millenial, wakaf mengalami adaptasi dengan kerjasama berbagai jaringan aplikasi, berwakaf kian mudah dalam proses transaksi tanpa menunggu lama.

“Kami mengembangkan wakaf saham, kita bicara tentang wakaf untuk anak muda, karena selama ini wakaf masih terorientasi terhadap aset. Kalau saham ada persyaratan khusus, namun jika wakaf bisa kapan saja. Wakaf saham ada dua yaitu saham syariah, 60 persen saham yang ada di Bursa Efek Indonesia merupakan saham syariah, keuntungan dari saham dengan defiden atau untung dagang dari jual beli saham,” pungkasnya.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. (L/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.