Dialog Tokoh Kristen-Muslim AS Untuk Perdamaian dan Keadilan

(Tweet)

Notre Dam, Michigan, MINA – Dr. Scott Alexander dan Imam Hassan Al-Qazwini tampil sebagai pembicara dalam terbuka Kristen-Islam wujudkan tantangan dan keadilan, di Auditorium Andrews Geddes Hall, Universitas Notre Dame Michigan, negara bagian AS, Kamis (14/9).

Alexander adalah Direktur Program Studi Katolik-Muslim di Catholic Theological Union di Chicago dan seorang profesor Studi Islam. Sedangkan Imam Al-Qazwini adalah seorang sarjana, pendidik dan advokat untuk Islam di Amerika dan pendiri Islamic Institute of America di Dearborn Heights, Michigan.

“Penganut Kristen percaya pada dialog. Dialog itu sebagai model perbincangan Tuhan dengan umat manusia. Dengan dialog akan menjadi bagian penting dari masing-masing pengalaman religius kita,” kata Pendeta Kevin Sandberg, yang bertindak sebagai direktur eksekutif Pusat Kekhawatiran Sosial.

“Paus Benediktus XVI mengatakan, dialog antaragama dan antarbudaya antara orang Kristen dan Muslim tidak dapat dikurangi menjadi tambahan opsional. Ini sebenarnya adalah kebutuhan penting, yang pada gilirannya mengukur masa depan kita”, ujar Sandberg.

Ia menambahkan, lembaganya telah lama membina dialog sebagai metodologi penting dalam penemuan kebenaran dan kebaikan bersama di mana keadilan dan perdamaian diprediksi.

Ceramah tahun ini sejalan dengan tema tradisi sosial Katolik pusat untuk tahun ini, “Living the Challenge of Peace,” yang berasal dari surat pastoral para uskup AS pada tahun 1983.

Meskipun penekanan utama pada tahun 1983 adalah pada tradisi perang dan senjata nuklir. Pesannya masih relevan 35 tahun kemudian tentang bagaimana orang-orang beriman dapat mengatasi banyak ketegangan di dunia kita dari ras, buruh dan agama hingga teknologi, lingkungan dan perdagangan senjata.

Ceramah tahun ini menandai dimulainya serangkaian acara diskusi tahunan di Center for Social Concerns yang berfokus pada tema “Living the Challenge of Peace”. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.