Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi-DMI Gelar Pelatihan Manajemen Qurban dan Fiqih Sembelih

Bekasi, MINA – Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H , Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Bekasi-Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bekasi mengadakan pelatihan Manajemen Qurban dan Fiqih Sembelih  di Masjid Raya Muhammad Ramadhan, Bekasi Selatan, Selasa (6/6).

Hadir Jajaran DMI Kota Bekasi, Perwakilan Baznas Kota Bekasi, dan Camat Bekasi Selatan Karya Sukma Jaya serta perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi. Kegiatan ini undang Ketua DKM  di Kecamatan Bekasi Selatan sebagai peserta pelatihan.

Pelatihan dilakukan guna memberikan edukasi kepada seluruh DKM Kecamatan Bekasi Selatan terkait teknis pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban sesuai dengan syariat.

Dalam sambutan Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, mengatakan, pentingnya bagi juru sembelih dibekali dengan pengetahuan yang cukup salah satunya terkait penanganan terhadap hewan qurban baik sebelum maupun saat disembelih.

Baca Juga:  Dua Buku Teguh Santosa Lengkapi Pojok Baca Digital PWI

“Konsep-konsep dasar seperti teknik mengelus, menidurkan, menenangkan hingga memahami bagaimana menangani rasa sakit dan paksaan yang dirasakan oleh hewan, saya kira itu adalah hal mendasar yang perlu diketahui bagi masyarakat khususnya para juru sembelih nantinya.” ucap Tri Adhianto.

Tri menambahkan, bukan hanya teknik menyembelih namun teknik dalam memperlakukan hewan sembelih juga tidak kalah penting. Karena keduanya termasuk kedalam tata cara penyembelihan hewan qurban menurut syariat Islam.

Ia menegaskan, bahwa aspek kesejahteraan hewan yang menjadi tuntutan juga perlu dikembangkan termasuk kesejahteraan hewan sebelum disembelih untuk mendapatkan daging qurban yang berkualitas baik dan bergizi.

Tri menghimbau, untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antar umat beragama ditengah-tengah perbedaan seraya mengajak untuk saling berbuat kebaikan.

Baca Juga:  Menlu RI: Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

“Jaga terus kesatuan dan saling menguatkan satu sama lain. Perbedaan adalah keniscayaan dari Allah SWT . Jadi mari jadikan Hari Raya Idul Adha ini sebagai ajang untuk berlomba-lomba dalam menebarkan kebaikan kepada umat dan tidak pernah letih untuk mengumpulkan kebaikan,” ujar Tri Adhianto. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi